BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Babel Alami Peningkatan, Pesona Sektor Pariwisata Mulai Dilirik Dunia

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Keindahan dan Eksotisme tempat wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung nampaknya terus memikat hati para wisatawan lokal hingga mancanegara untuk menginjakan kaki ke Negeri Serumpun Sebalai ini.

Terbukti, hingga November 2023 kemarin jumlah kunjungan wisatawan lokal ke Babel tembus diangka 450.220 orang atau naik signifikan dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022 yang hanya berkisar 409.188 orang/pengunjung saja.

Begitupun dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, dimana sejak Januari 2023 – November 2023 tembus 4.269 orang atau naik hampir dua kali lipat di periode yang sama tahun 2022 yang hanya berkisar 2.575 orang saja.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudkepora) Babel, Widya Kemala Sari mengatakan, bahwa meningkatnya jumlah kunjungan tersebut tak terlepas dari keberhasilan Pemprov Babel dalam menyelenggarakan event-event besar, baik event bertaraf nasional maupun internasional.

“Tahun 2023 kemarin banyak sekali event-event yang kita selenggarakan, yang dimana secara tidak langsung meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung, inilah salah satu bukti keberhasilan maupun strategi Pemprov Babel dalam menyelanggarakan event besar dan menggaet para wisatawan,” tutur Widya, kepada laman media ini, Jumat (05/01/2024).

Disamping itu, dikatakan Widya, promosi tempat-tempat wisata yang ada di Bangka Belitung juga terus digencarkan. Bahkan promosi tersebut tak hanya dilakukan didalam daerah saja namun juga dilakukan di tempat-tempat strategis yang ada di luar daerah Babel.

“Keindahan tempat wisata di Bangka Belitung memang dapat memanjakan mata, makanya tidak sedikit para wisatawan ini berkunjung untuk menikmati keindahan wisata kita. Itula pentingnya promosi digencarkan agar para wisatawan ini tau bahwa di Babel juga memiliki tempat yang bagus untuk berlibur,” jelasnya.

Selain itu, dirinya mengungkapkan, bahwa pihaknya beserta jajaran akan tetap mendorang terciptanya inovasi baru dalam menggaet para wisatawan ini. Sehingga nantinya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Babel dapat terus meningkat.

Serta, diharapkan dapat berdampak besar terhadap para pelaku usaha sehingga sektor pariwisata dapat menjadi salah satu sektor yang mendongkrak perekonomian rakyat.

“Tentu dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Babel diharapkan dapat berdampak besar kepada pelaku usaha, itulah yang kita usahakan. Kita juga berharap nantinya sektor pariwisata ini dapat menjadi salah satu sektor yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

(jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *