BeritaDaerahNasional

Erzaldi : Pentingnya Memaksimalkan Potensi Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat Babel 

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Keindahan alam di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) nampaknya memang tak bisa dipandang sebelah mata, mulai dari lautan hingga hutan, terpampang begitu mempesona.

Dibalik keindahan alam itu, juga masih banyak desa-desa di Babel menyimpan potensi besar, yang bila dikembangkan dan digarap dengan baik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Demikian hal itu disampaikan oleh Erzaldi Rosman Djohan, saat memberikan arahan terkait pentingnya memaksimalkan potensi desa kepada para mahasiswa, di Rosman Djohan Institut, Kamis (31/07/2024)

Dikatakan dia, apabila potensi ekonomi desa dimaksimalkan secara terus menerus, maka secara progres akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung secara keseluruhan. 

“Setiap desa memiliki potensinya sendiri-sendiri, ada yang nampak secara nyata dan ada yang perlu digali serta dioptimalkan, oleh karena cara menggali potensi desa dengan kaderisasi SDM yang sangat tepat dilakukan kepada generasi muda, sehingga budaya gotong royong masyarakat desa akan terus terawat,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Erzaldi juga memberikan dorongan motivasi kepada para mahasiswa untuk mengelola desa-nya masing-masing dengan ilmu dan skill yang sudah didapat. Karna menurutnya, hanya dengan kreativitas dan ilmu pengetahuan lah yang bisa menciptakan sebuah daerah lebih bernilai sesuai dengan potensi andalan yang dimiliki desa tersebut.

Adapun langkah kongkret yang bisa diambil dalam memaksimalkan potensi desa, yaitu :

1. Pengembangan teknologi pertanian, peternakan dan teknologi yang akan dimiliki oleh para nelayan.

2. Pengembangan desa wisata 

3. Pengembangan badan usaha desa 

4. Pengembangan UMKM pedesaan yang meliputi hasil laut, pertanian, peternakan dan sebagainya.

“Dengan memaksimalkan potensi desa secara maksimal, maka akan tercipta banyak peluang bisnis di pedesaan dan secara otomatis kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung akan meningkat secara berkelanjutan tanpa henti,” tutupnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *