BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

16 Tahun Menjadi Mitra Binaan Bank Sumsel Babel, Produk UMKM Alam Lestari Tembus Pasar Nasional 

Bagikan Berita

TANJUNGPANDAN,BERITACMM.COM

Bank Sumsel Babel melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) ternyata telah banyak mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan dan nasabah naik kelas.

Dampak pertumbuhan positif yang diberikan Bank Sumsel Babel melalui program KUR ini tak hanya dirasakan oleh UMKM di wilayah Sumatera Selatan saja, namun juga dirasakan oleh UMKM di wilayah Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Seperti yang dirasakan oleh Rusdi Faisal, selaku pemilik UMKM Alam Lestari yang berlokasi di Jalan Pattimura RT 02 No. 17 Kel. Tanjungpendam Kec. Tanjungpandan – Belitung.

Pemilik UMKM yang bergerak di bidang pengelohan ikan hinggan cumi asin ini ternyata memiliki kisah unik sebelum usahanya berkembang begitu pesat seperti sekarang.

Dikisahkan Rusdi, mulanya dia hanyalah seorang yang memiliki usaha jual beli ikan dan cumi di pasar. Namun menariknya, ketika terjadi musim hujan dan hasil laut melimpah malah kebanyakan ikan tidak laku dipasaran.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan Rusdi untuk melebarkan sayap bisnisnya, dengan mengelola hasil laut tersebut.

“Saat itu timbul ide untuk ikan-ikan ini diawetkan dengan bahan garam, karena saat itu juga harga freezer untuk menyimpan ikan masih tinggi dan jarang,” ungkapnya.

Diketahui, usaha yang dimiliki Rusdi bukanlah ‘pendatang baru’, dirinya sudah bergelut di bidang pengelohan hasil laut sejak tahun 2000 lalu, dan menjadi mitra binaan Bank Sumsel Babel sejak tahun 2008.

Screenshot 2024 08 09 11 04 18 66

Kepiawaian UMKM Alam Lestari dalam mengelola hasil laut nampaknya memang tak perlu diragukan lagi. Terbukti, saat ini UMKM tersebut telah memiliki pelanggan di seluruh Indonesia, dengan strategi pemasaran melalui media online serta siap melayani pengiriman kemanapun.

“Suatu Ketika wisatawan luar kota membeli produk kita secara langsung di gallery kami. Setelah mereka pulang dan merasakan produk kita, mereka memesan kembali melalui nomor telepon yang tercantum di kemasan produk kami,” kisah Rusdi.

16 tahun menjadi mitra binaan Bank Sumsel Babel ternyata juga telah memberikan dampak besar terhadap usahanya, termasuk dari sisi pengelolaan keuangan dan pembiayaan.

Dimana diakuinya, Bank Sumsel Babel pernah memberikan bantuan kemasan dan tentunya kredit bersubsidi dengan proses yang cepat dan mudah. 

“Bank Sumsel Babel juga telah memasang barcode Qris di gallery kami sehingga lebih memudahkan dalam proses pembayaran dan pembukuan di rekening,” terang Rusdi.

“Transaksi jual beli lebih mudah dan cepat karena saat kami kesulitan menyediakan kembalian berupa cash, pelanggan bisa menggunakan transaksi QRIS,” sambungnya.

Sementara itu, dalam mengembangkan usahanya ini, dikatakan Rusdi, tidaklah langsung melalui program KUR namun lebih dulu melalui kredit dengan skema subsidi bunga dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung. Setelah beberapa tahun berselang barulah pihaknya beralih ke Program KUR.

“Sejak memanfaatkan fasilitas kredit dengan bunga ringan ini kami dapat mengembangkan usaha kami dengan aman dan lancar karena pengembalainnya angsurannya sangat ingan dan tidak membebani pelaku usaha mikro seperti kami,” tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya juga berharap, Bank Sumsel Babel terus memberikan kemudahan kepada para nasabah, terkhusus kepada para mitra binaan.

“Terutama kami pelaku usaha mikro dan Bank Sumsel Babel diharapkan dapat sering memberikan program promo Tabungan dan transaski QRIS,” tutup pemilik UMKM Alam Lestari ini.

Dikonfirmasi terpisah, Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Sumsel Babel, Ahmad Azhari menyatakan, bahwa pihaknya akan tetap berkomitmen dalam mendukung seluruh program dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *