BeritaDaerahNasional

Paslon Hidayat Arsani-Helyana Beberkan Rencana Pembangunan Untuk Babel Kedepan : Untuk Lebih Hebat Lagi!

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Pasangan Calon Gubernur Bangka Belitung (Babel) Hidayat Arsani dan Helyana optimis dapat membawa ‘Negeri Serumpun Sebalai’ lebih hebat lagi dimasa depan, apabila diizinkan rakyat untuk memimpin Bangka Belitung pada periode 2024-2029 nanti.

Diungkapkan Helyana, bahwa pihaknya telah merencanakan fokus pembangunan Babel kedepan, dimana perencanaan itu tetap berpaku pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Babel.

Disamping itu, diakui Helyana, Babel memiliki potensi sumber daya alam yang begitu luar biasa, sehingga dirinya yakin apabila dikelola dengan baik dan benar maka akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Tentu insyaallah kita akan angkat (lagi-red) sosial budaya kita karna sesuai dengan target Indonesia Emas kedepannya,” tutur Helyana, Jumat (23/08/2024).

“Kemudian, mengembangkan ekonomi biru dan ekonomi hijau Provinsi Babel, karena 80 persen wilayah kita ini laut, tinggal bagaimana nanti kita memaksimalkan potensi ini,” sambungnya lagi.

Sebagai informasi, Ekonomi biru, atau blue economy, adalah konsep pembangunan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan penghidupan, dan lapangan kerja, sambil menjaga kesehatan ekosistem laut. Ekonomi biru juga dikenal sebagai ekonomi laut atau ekonomi maritim. 

Ekonomi biru mendorong eksploitasi, inovasi, dan pengelolaan berkelanjutan atas lautan dan sumber daya “biru”. Prinsip ekonomi biru menggunakan bahan baku alam secara efisien, tidak menyisakan limbah, dan memberikan dampak sosial yang luas. 

Kemudian, Ekonomi hijau, atau green economy, adalah kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung upaya adaptasi terhadap ekosistem. Ekonomi hijau juga disebut sebagai ekonomi rendah karbon (ERK). Ekonomi hijau diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, mendukung keadilan, dan menjaga sumber daya alam. 

Ekonomi hijau di Indonesia didefinisikan sebagai model pembangunan ekonomi yang berfokus pada investasi, modal, infrastruktur, pekerjaan, dan keterampilan untuk mencapai kesejahteraan sosial dan lingkungan berkelanjutan. Ekonomi hijau di Indonesia juga merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan kemiskinan, mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan memperluas lapangan pekerjaan

Lanjut Helyana, untuk sektor UMKM tentu tidak akan dikesampingkan, pihaknya juga berencana untuk lebih mengembangkan sektor tersebut, sehingga perkembangan para UMKM ini dapat lebih hebat lagi.

“Lalu produk olahan, tentu kita akan memperkuat sektor UMKM ini, karna semua bahan-bahan yang terbaik itu ada di Babel, dan banyak lagi, tentu adat budaya akan kita perkuat juga,” jelas Srikandi asal Belitung ini.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk mendukung program pemerintah, sehingga sinergitas pembangunan Babel dapat merata hingga ke wilayah desa.

“Insyaallah banyak yang senang, pada kawan-kawan media juga kita selalu bersama-sama untuk membangun Babel lebih sadar lagi dalam membangun, dan lebih hebat lagi untuk kemudian menjalani hubungan, maju kita, maju semuanya, maju Bangka belitung,” tutup Helyana.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pasangan Calon (Paslon) Hidayat Arsani dan Helyana telah dipastikan bakal maju di Pilgub Babel 2024 usai mendapatkan dukungan dari Partai PDI Perjuangan.

Adapun rekomendasi dukungan ini dibacakan langsung oleh Sekjen PDI-P, Hasto Kristiyanto, dalam acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah Tahap 2 yang digelar oleh PDIP, Kamis (22/8/24) kemarin.

Dengan bertambahnya dukungan dari PDI Perjuangan, artinya Paslon Hidayat Arsani – Helyana telah mengantongi dukungan dari tiga partai politik (Parpol), setelah sebelumnya Partai PPP dan Partai PKS telah lebih dulu mendeklarasikan dukungannya kepada Hidayat Arsani dan Helyana.

Pada kesempatan itu, Helyana mengungkapkan apresiasinya atas dukungan yang telah diberikan, dan yakin dapat membawa Babel menjadi daerah yang lebih hebat lagi.

“Terimakasih terkhusus kepada ibu Megawati, saya merasa ada hal yang lebih dari itu, saya sudah lama ingin mencium tangan ibu (Megawati-red) dan akhirnya terkabul,” kata Helyana, dikonfirmasi media ini, Jumat (23/08/2024).

“Kemudian kepada Pak Hasto dan seluruh jajaran PDI Perjuangan, Pak Didit Srigusjaya, Pak Rudianto Tjen beserta seluruh jajaran ketua dan sekretaris, Ketua Pemenangan Pemilu Bapak Imam Indrayadi saya ucapkan terimakasih, kekuatan dari PDI-P ini adalah kekuatan rakyat. Kenapa saya bilang kemenangan rakyat karna hampir seluruh ketua legislatif saat ini dimenangkan oleh PDI-P,” tegas Srikandi asal Belitung ini.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *