BeritaDaerahNasionalPendidikan

Melalui ‘Bawaslu Ngampus’, Mahasiswa Diajak Tingkatkan Pengawasan di Pilkada 2024

Bagikan Berita

BANGKA,BERITACMM.COM

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar kegiatan bertajuk ‘Bawaslu Ngampus’ berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Bangka Belitung (UBB), Selasa (03/09/2024).

Kegiatan yang menjadi bagian dari program Bawaslu RI ini diikuti oleh ratusan mahasiswa UBB, dengan tujuan agar para mahasiswa dapat berperan aktif melakukan pengawasan partisipatif dalam Pilkada Serentak 2024.

Demikian hal itu disampaikan Komisioner Bawaslu Provinsi Bangka Belitung Sahirin, ketika diwawancarai langsung oleh awak media.

“Ini salah satu bentuk pencegahan Bawaslu melalui sosialisasi, kami berharap masyarakat dalam hal ini mahasiswa bisa ikut mengawal proses Pilkada 2024,” ujar Sahirin.

Dikatakan dia, peran serta mahasiswa sangat dibutuhkan, terutama dalam mengawal sejumlah isu yang berpotensi merusak pesta demokrasi di suatu daerah.

“Misalnya isu sara, isu money politik, netralitas ASN. Jadi memang peran serta mahasiswa untuk menyampaikan potensi-potensi pelanggaran yang ada disekitar mereka,” tambahnya.

Tak hanya itu, Sahirin menyebutkan bahwasannya agenda ini juga dijadikan ajang untuk melalukan memastikan terpenuhinya hak pemilih pemula dengan masuk dalam data daftar pemilih sementara (DPS).

“Kami juga akan mengecek KTP mahasiswa ini apakah sudah masuk dalam DPS yang saat ini disusun. Kami juga mengenalkan media sosial Bawaslu, agar saat mahasiswa ini kalau tidak berani melaporkan secara langsung, bisa melapor melalui media sosial Bawaslu,” tuturnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *