BeritaDaerahNasionalPendidikan

Terapkan Konsep Agromaritim, UBB dan Pokdakan Kembangkan Komoditas Lele, Belut dan Pohon Pepaya

Bagikan Berita

BALUNIJUK,BERITACMM.COM

Agromaritim, sebagai konsep yang menggabungkan matra darat dan laut untuk memproduksi pangan melalui pertanian, perikanan dan peternakan, kiranya dapat di aplikasikan dengan baik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan. 

Namun sayangnya, permasalahan yang sering ditemui di masyarakat adalah ilmu dan keterampilan sumberdaya manusia dalam perencanaan usaha dengan konsep tersebut masih sangat terbatas termasuk pengetahuan teknis lainnya. 

Oleh karena itu, hadirnya perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Bangka Belitung dapat menjembatani penyebaran inovasi dan teknologi dalam meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan dan petani. 

Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat yang didanai oleh DRTPM Kemendikbud, Universitas Bangka Belitung dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Berkah Mandiri Desa Balunijuk melakukan inovasi budidaya ikan lele bioflok, belut dan tanaman buah papaya sebagai wujud implementasi konsep Agromaritim.

Demikian hal ini disampaikan oleh Pemateri dalam Diseminasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Dr. Sudirman Adibrata, di Sekretariat Pokdakan Mina Berkah Mandiri, Dusun III Desa Balunijuk, Kabupaten Bangka, Minggu (08/09) kemarin.

“Pembesaran pembesaran ikan lele dengan menggunakan produk probiotik Probio_FmUBB hasil inovasi Universitas Bangka Belitung yang berfungsi untuk merangsang nafsu makan dan menurunkan tingkat pencemaran kebauan lingkungan. Produk probiotik ini sudah digalakkan sejak beberapa tahun yang lalu,” jelas Sudirman Adibrata.

Pada kesempatan ini, Penyuluh Perikanan Kabupaten Bangka, Nurditya Rahmansyah memberikan tips bagaimana membangun kesolitan tim dalam kelompok pembudidaya ikan Kesolitan tim akan berpengaruh terhadap bantuan yang diberikan oleh pemerintah melalui skema pengajuan proposal. 

Sementara itu, Ketua Pokdakan Mina Berkah Mandiri, Bapak Haji Suhaimi menyatakan, bahwa Kolaborasi yang dilakukan dengan mitra sudah dilakukan sebelumnya dengan pihak UBB bahkan meliputi perikanan, peternakan maupun pertanian. 

“Semoga dengan dilakukannya kolaborasi dapat menghidupkan kembali perekonomian masyarakat terutama pihak usaha tersebut,” harap Suhaimi.

Sebagai penutup, Bapak Andi Gustomi, S.Pi., MSi yang mewakili Tim Dosen Pengabdian dari UBB yaitu La Ode Wahidin dan Ibu Rufti Puji Astuti, berhadap kegiatan pengabdian seperti ini dapat dikembangkan dan berkelanjutan serta keterampilan yang diperoleh dapat dikuasai oleh masyarakat khususnya para anggota Pokdakan agar dapat meningkatkan pendapatannya.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh anggota Pokdakan dan juga undangan kelompok pembudidaya ikan dari desa terdekat (Desa Pagarawan) serta Mahasiswa MBKM Universitas Bangka Belitung. 

(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *