BeritaDaerahNasionalPendidikan

MTs Khoirul Ummah Gelar ANBK, Pijakan Dalam Mewujudkan Generasi Santri yang Unggul

Bagikan Berita

PAYUNG,BERITACMM.COM

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Khoirul Ummah Payung, Kabupaten Bangka Selatan, melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), berlangsung di salah satu ruang kelas Pondok Modern Khoirul Ummah (PMKU).

Kegiatan yang berlangsung 11-12 September 2024, juga diikuti oleh 15 siswa dan 29 siswi kelas 8.

Sebagai informasi, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

ANBK dikerjakan oleh peserta didik di kelas 8. Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Disamping itu, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

IMG 20240911 WA0079

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Sementara itu, Kepala Madrasah, Ust. Daud, S.Pd. meminta kepada santri/santriwati MTs 1 Khoirul Ummah agar mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti ANBK.

Ia juga berharap, kegiatan ANBK ini dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan santri menjadi generasi yang unggul.

“Kami sangat bersyukur pelaksanaan ANBK berjalan lancar berkat persiapan matang dan kerjasama tim yang solid. Kami berharap hasil asesmen ini dapat memberikan gambaran objektif mengenai kemampuan siswa dan menjadi pijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah,” ujarnya.

Senada, Pimpinan Pondok Modern Khoirul Ummah Payung (PMKU), Ust. M. Azizul Azmi, S.H.I mengutarakan rasa syukurnya karena kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

“Alhamdulillah, dengan berbagai macam agenda yang ada di Pesantren ini, para santri tetap menyala semangatnya dan sangat antusias dalam mengikuti ujian. Anak-anak kami tentu tidak hanya dibekali ilmu agama untuk di luar nanti, tapi mereka juga kami bimbing agar melek dan menguasai teknologi,” ungkap Ust. Aziz.

“Kami turut mengapresiasi semua yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan ANBK ini, semoga kita selalu dalam perlindungan Allah Ta’ala,” tutup Ust. Aziz, sembari berdoa untuk kebaikan semua.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *