BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Selamatkan Nasib Honorer, Pemprov Babel Usulkan Ribuan Formasi CPPPK Paruh Waktu

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mengusulkan ribuan formasi bagi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPK) untuk tahun 2024 ini.

Hal ini sebagai bentuk upaya untuk menghindari adanya pemberhentian massal terhadap para honorer, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Demikian hal ini ditegaskan oleh Kepala BKPSDM Babel Susanti, ketika ditemui di kantornya, Jumat (04/10/2024).

Namun untuk proses seleksinya, lanjut Susanti, baru akan dilakukan pada tahun 2025 setelah proses CPNS dan CPPPK selesai dilaksanakan.

“Bertahap, selesai dulu proses CPNS 40 Formasi, CPPPK 500 Formasi, tapi kita juga minta para honorer ini untuk ikut seleksi yang 500 formasi ini, supaya mereka ini terdeteksi keseriusan bekerjanya, nanti kan ada 2000 lebih tersisa (dari jumlah honorer sekarang, baru nanti kita usulkan (untuk paruh waktu) sesuai dengan amanah undang-undang,” jelasnya.

Susanti mengungkapkan konsep tersebut merupakan jalan tengah agar regulasi undang-undang tidak dilanggar dimana yang bekerja di Pemerintah hanya pegawai dalam status sebagai ASN (PNS dan PPPK). 

Disamping itu, diusulkannnya PPPK Paruh Waktu karna memang menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah Pemprov Babel saat ini.

“Sesuai kemampuan daerah kita mampunya hanya untuk PPPK Paruh Waktu,” tutur Susanti.

Dengan adanya sistem PPPK paruh waktu yang dimaksudkan MenpanRb, ditegaskan Susanti, juga menjadi jalan keluar untuk menghindari terjadinya pemutusan hubungan kerja massal. 

Kendati begitu, lanjut dia, terkhusus untuk hal teknis terkait besaran pembayaran honor hingga penetapan waktu bekerja PPPK Paruh Waktu hingga saat ini belum dapat dipastikan, lantaran pihaknya masih menunggu turunan dari PP UU ASN 20 tahun 2023.

“Jangan sampai mereka (Honorer) di PHK, itu kuncinya,” tegas Susanti.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *