BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Dampak Positif Rakornas Bapemperda, Ekonomi Babel Bergerak Masif

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sedari 5 Juli – 8 Juli 2023, nampaknya memberikan angin segar bagi perekonomian negeri serumpun sebalai.

Sektor pariwisata seperti travel, perhotelan hingga para UMKM, tentu menjadi paling depan dalam merasakan dampak positif hadirnya Rakornas Bapemperda seluruh Indonesia tersebut.

Tak tanggung-tanggung, diperkirakan uang senilai Rp 20 Miliar hingga Rp 25 Miliar akan masuk kedalam perekonomian masyarakat Babel dalam seharinya.

Demikian hal ini disampaikan Pejabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung usai memberikan sambutan dalam kegiatan Rakornas Bapemperda se-Indonesia, di Hotel Novotel, Kamis (06/07/2023).

“Kita bisa bayangkan saudara-saudara kita di UMKM, travel, hotel, bahkan semua tempat wisata, ini akan membuka perputaran ekonomi yang masif,” kata Suganda.

Dirinya juga berharap, kegiatan bertaraf nasional maupun internasional dapat terus dilakukan di Babel, agar dapat menggerakkan perekonomian rakyat.

“Sekali lagi terimakasih kepada Bapak Kemendagri, semoga bisa kita lakukan terus hal-hal seperti ini, kalo dilakukan terus paling tidak bisa berdampak dalam penurunan inflasi, pengentasan kemiskinan,” tutupnya.

Senada, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Akmal Malik menuturkan, bahwa salah satu alasan ditunjuknya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai tuan rumah Rakornas Bapemperda ini juga mendorong UMKM dan perekonomian agar dapat berkembang.

“Disini (Rakornas Bapemperda-red) hadir lebih dari 4000 orang, itungan saya kayanya hampir Rp 25 miliar uang beredar disini (Babel-red) dalam satu hari,” ungkap Akmal.

Dirinya pun akan terus mendorong event-event nasional dapat diselenggarakan di Babel, tentu agar daerah-daerah kepualauan dapat merasakan dampak pertumbuhan perekonomian yang positif layaknya seperti yang ada di Pulau Jawa.

“Tentunya kita berharap kebersamaan seperti ini bisa kita lakkukan, karna daerah seperti Babel, Maluku, Bengkulu harus kita dorong melaksanakan event-event nasional seperti ini, agar daerah tersebut juga dapat menikmati sebagaimana saudara-saudara mereka yang ada di Pulau Jawa,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *