BeritaDaerahNasionalOlahraga

Komunitas Bersepeda Tins PT Timah Tbk Gelar Balance Bike Fun Race 2023, Begini Keseruannya

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Puluhan anak antusias memacu laju sepedanya, meliuk-liuk menyusuri jalur sirkuit sekitar 200 meter hingga mencapai garis finis. Hal itulah yang dilakukan anak-anak dalam lomba Balance Bike Fun Race 2023 yang digelar Tins Cycling Community (TCC) PT Timah Tbk di Area GOR Kantor PT Timah Tbk, Minggu (24/9/2023). 

Dengan mengenakan perlengkapan safety riding, anak-anak dengan lancar berkendara seperti sepeda dorong. 

Seperti diketahui, Pushbike merupakan sepeda roda dua tanpa pedal, tanpa rantai, tanpa sistem penggerak, dan tanpa rem. Sepeda ini digunakan untuk anak-anak mulai usia 3 hingga 7 tahun. 

Tins Cycling Community (TCC) PT Timah menggelar kompetisi Balance Bike Fun Race 2023 dalam empat kategori, yakni U5 Putra dan Putri, U6 Putra, dan U7 Putra.

Kompetisi ini merupakan yang pertama kali mereka selenggarakan, dalam tiga bulan terakhir TCC rutin mengadakan pelatihan Tins Push Bike yang mewadahi anak-anak untuk berlatih bersama setiap hari Sabtu dan Minggu di Kantor Pusat PT Timah Tbk.

Ketua Komunitas Bersepeda Tins Donny Rusmawan mengatakan, lomba ini diikuti 23 peserta yang terbagi dalam empat kategori. Laga ini dalam rangka HUT PT Timah Tbk ke-47 dan HUT RI ke-78.

“Kompetisi ini menjadi wadah bagi anak-anak yang ingin menyalurkan bakatnya dalam olahraga pushbike. Para peserta cukup antusias mengikuti kompetisi ini,” ujarnya.

Menurut Donny, mereka membentuk Tins Push Bike untuk mewadahi anak-anak yang ingin berlatih bersama. Pelatihan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu di Kantor Pusat PT Timah Tbk.

“Ternyata antusiasnya untuk berlatih cukup besar. Setiap latihan ada lebih dari 20 anak yang hadir. Kami juga terbuka untuk umum, bagi anak-anak yang ingin berlatih silahkan bergabung dan tidak dipungut biaya apapun,” kata Doni.

Ia berharap, acara ini tidak hanya mewadahi hobi anak-anak, tetapi juga menjadi kesempatan untuk melahirkan bibit-bibit atlet push bike asal Bangka Belitung.

“Kami berharap pelatihan dan kompetisi bersama seperti ini dapat mewadahi anak-anak pecinta pushbike dan juga menjadi wadah melahirkan generasi muda berbakat yang dapat mewakili Babel di ajang nasional,” harapnya.

Donny menjelaskan, pushbike sendiri memiliki banyak manfaat bagi anak, seperti memudahkan belajar naik sepeda, melatih keseimbangan lahir dan batin, serta terus membentuk kedekatan emosional antara anak dan orang tuanya.

Salah satu peserta Balance Bike Fun Race 2023, Ringga Evano Priadi mengaku sangat senang bisa mengikuti lomba dan berlatih bersepeda yang merupakan hobinya.

“Saya senang berlatih di sini dan berkompetisi, harus cepat untuk menjadi juara,” kata anak berusia empat tahun ini.

Orang tua Vano, Agus mengatakan, mereka sengaja datang dari Belinyu untuk berlatih dan mengikuti kompetisi ini. Pasalnya, kata dia, jarang ada acara yang bisa mewadahi anak-anak bersepeda seperti ini.

“Setiap hari Sabtu dan Minggu anak saya datang latihan di sini, kami tinggal di Belinyu dan karena anak antusias, kami orang tua mendukungnya. Seperti hari ini dia bisa mengikuti lomba,” ujarnya.

Ia berharap lomba seperti ini bisa lebih sering diadakan agar kegiatan yang bisa diikuti oleh anak-anak semakin banyak.

“Banyak manfaatnya, anak bergerak secara fisik sehingga sering menggunakan gadget lagi,” ujarnya.

Senada dengan itu, Azura Sashi Kirana (4) pun mengaku senang bisa mengasah kemampuannya di kompetisi ini.

“Kami latihan dulu sebelum bertanding dengan sepeda ini. Latihan dari TCC diajarkan oleh Om, kami juga latihan di rumah,” ungkapnya.

Icha, orang tua Azura mengatakan, anaknya cukup antusias mengikuti kompetisi ini.

“Anak-anak senang, orang tua juga senang. Karena acara seperti ini masih jarang terjadi di Pangkalpinang dan banyak peminatnya. Jadi dengan adanya komunitas yang menyelenggarakan ini bisa menampung anak-anak yang ingin ambil bagian,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *