BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Masyarakat Siap-siap, DPKP Babel Bakal Bagikan Ribuan Bibit Sawit Hingga Kopi Ditahun 2024 Ini

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Setiap OPD yang berada di lingkungan kerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tentu telah menyiapkan berbagai program prioritas yang akan dikerjakan pada tahun 2024 ini. Salah satunya seperti rencana kerja yang disampaikan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel.

Ketika dibincangi Beritacmm.com pada Kamis (18/01/2023), Kepala DPKP Babel, Edi Rumdoni mengatakan, seluruh program yang telah disusun sedari tahun kemarin itu tidak akan berubah selagi tidak ada persoalan yang signifikan, seperti pembagian bibit sawit kepada masyarakat.

Dalam pembagian bibit sawit ini sendiri, dikatakan Edi, pihaknya telah menyiapkan 36.140 bibit sawit untuk diberikan kepada masyarakat dan juga kopi.

“Bibit Kopi ini ada 39.000 batang. Itu ada paketnya, ikutannya ada pupuk organik dan petisida. Kemana-mana nanti ini arahnya? Nanti bisa (diterangkan-red) teknisnya di bidang,” terangnya.

Lanjut Edi, pihaknya juga telah menyiapkan program pembudidayaan Holticultura yakni seperti Jagung Hibryda, yang sudah disiapkan sekira 150 hektare untuk sewilayah Bangka Belitung.

Kemudian, DPKP Babel juga telah menyiapkan program untuk pembudiyaan Sawah, Durian, Alpukat hingga cabe dan lain sebagainya untuk dibidang pertanian.

Sementara itu untuk di bidang peternakan, dijelaskan Edi, pihaknya masih akan belanja 100 ekor sapi untuk tahun 2024 ini. “Dengan rincian 90 ekor sapi betina dan 10 lainnya jantan,” jelasnya.

Untuk ketahanan pangan sendiri, seperti biasa DPKP Babel akan tetap memberikan bantuan seperti alat penggilingan padi ukuran mini sebanyak 9 unit dan juga pengadaan beras bulog.

“Pengadaan beras bulog yang kita titipkan itu sebanyak 31 ton, selanjutnya bantuan pangan pokok yang telah disiapkan sebanyak 227 Paket,” ungkap Kepala DPKP Babel.

(Jk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *