Tim UKM Kompas UBB Berhasil Raih Penghargaan  di Ajang Abdidaya Ormawa 2022

Bagikan Berita

Bogor,BERITACMM.com

Suatu prestasi membanggakan kembali di raih oleh salah satu tim unit kegiatan mahasiswa (UKM) Komunitas Pencinta Alam Sosial (KOMPAS) Universitas Bangka Belitung (UBB), dimana pada ajang Abdidaya Ormawa 2022 yang berlangsung di Intitut Pertanian Bogor (IPB) pada tanggal 6-12 Desember, berhasil memperoleh penghargaan dalam kategori sistem pendukung perguruan tinggi kelas 2 sebagai Pengukuran Soft Skill Mahasiswa.

“Alhamdulillah, pada pengumuman pemenang tadi malam pada Minggu  (11/12/22) di Abdidaya 2022 ini UBB mendapatkan penghargaan di kategori support system perguruan tinggi dengan nominasi pengukuran softskil mahasiswa terbaik,” ungkap Syuruya sebagai ketua tim pelaksana.

Menurutnya, untuk sampai tahap ini tentunya banyak pihak yang membantu dalam segala persiapan mulai dari kerja sama tim dalam penyusunan proposal, pelaksanan kegiatan di lapangan, pelaporan kemajuan melalui zoom meeting oleh Belmawa Dikti hingga visitasi oleh Belmawa Dikti terkait program kerja yang sedang dilaksanakan.

“Strategi terbaik sebenarnya adalah kemampuan dan kemauan masing- masing Ormawa dalam pengabdian kepada masyarakat desa yang dibina. Dengan kerja sama dan kekompakan tim yang dibangun tentunya akan menghasilkan hasil yang bisa dinilai baik oleh masyarakat dan semua pihak,” ungkapnya.

Dirinya berharap bahwa tahun depan agar lebih berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tentu perlu support dari perguruan tinggi terhadap kegiatan-kegiatan Ormawa serta kerjasama yang perlu dijalin dengan baik antar lembaga.

“Diharapkan agar Ormawa UBB lebih antusias lagi dalam mengikuti setiap seleksi yang diadakan, dimulai dari persiapan subproposal, laporan kemajuan sampai ke tahap akhir penilaian. Sehingga harapannya lebih banyak lagi Ormawa UBB yang lolos ke tahap abdidaya dan mengharumkan nama Organisasi, Universitas, dan Bangka Belitung,” harapnya.

Sebagai tambahan, Syuruya menyarankan agar mengangkat potensi desa yang lebih menarik atau memiliki ciri khas khusus dan dilakukan dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Sementara itu, Gigih Ibnu Prayoga, S.P., M.P. selaku dosen pedamping  mengungkapkan, merasa sangat bangga dengan capaian tim KOMPAS UBB dalam kegiatan PPK Ormawa 2022.

“Terimakasih saya ucapkan kepada tim PKK UBB tim BAKK, dan pimpinan UBB atas support yang diberikan. Selain itu, terima kasih juga saya ucapkan untuk dukungan dari berbagai pihak dan mitra yang membantu, khususnya Desa Gunung Muda, Dusun Air Abik,  Lembaga Adat Mapur, BPDAS, BKSDA Sumbagsel, dan lainnya,” ungkapnya.

Dihubungi secara terpisah, Wakil rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Nizwan Zukhri, S.E.,M.M. mengucapkan selamat dan sukses kepada Tim UKM Kompas karena telah berhasil memperoleh penghargaan dalam ajang Abdidaya Ormawa Tahun 2022 ini.

“Walaupun kita masuk dalam beberapa kategori dalam ajang ini, tetapi dengan adanya penghargaan ini merupakan suatu keberhasilan tersendiri bagi UKM Kompas di lingkungan UBB. Walaupun ini bukan tujuan dari pembinaan ormawa di UBB tapi keberhasilan ini merupakan suatu wujud keberhasilan Ormawa dalam pengimplementasian kegiatannya dalam masyarakat,” ujarnya.

Menurut Nizwan, Soft skill sangat dibutuhkan sekali dengan beberapa kriteria tentunya. Dengan keberhasilan ini semakin mewujudkan tujuan mental, moral dan intelektual dilingkungan Ormawa UBB semakin ditingkatkan.
“Keberhasilan ini mudah-mudahan dapat diikuti oleh UKM lainnya di masa akan datang,” ujarnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *