Masyarakat Hati-Hati! ETLE Mobile Akan Mulai Diberlakukan

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Direktorat Lalulintas Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berencana akan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile pada tahun 2023 mendatang.

Bahkan tak hanya Polda Babel saja, penerapan ETLE Mobile juga rencananya akan diberlakukan oleh seluruh Polres yang ada di Negeri Serumpun Sebalai.

Dalam hal ini, seizin Dirlantas Polda Babel, Kasubdit Registrasi dan Indentifikasi (Regident) Ditlantas Polda Babel AKBP Dedy Dwitya Putra mengatakan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan sosialisasi tata cara ETLE mobile tersebut ke polres-polres jajaran Polda Babel.

“Kita masih sosialisasi, kemarin tim Penegakan Hukum (Gakkum) ETLE Ditlantas Polda Babel sudah studi banding ke Jawa Tengah terkait bagaimana teknis pelaksanaan penggunaan ETLE mobile. kita juga melakukan sosialisasi ke polres-polres jajaran, hari ini ke Polres Belitung dan Belitung Timur untuk mensosialisasikan (penggunaan-red) alatnya,” ungkap Dedy, Jumat (16/12/2022).

Dijelaskan Dedy, bahwa alat ETLE Mobile akan menggunakan handphone yang langsung terintergrasi oleh Box Office. Sehingga, nantinya handphone khusus tersebut dapat digunakan kapan dan dimana saja.

Ia juga menambahkan, untuk di Polda Bangka Belitung, saat ini sudah mempunyai dua alat ETLE Mobile yang dipinjam pakaikan oleh Polda Jawa Tengah.

“Kemarin alat dipinjam pakaikan oleh Polda Jawa Tengah sebanyak 2 unit, nanti itu kita minta ke Korlantas untuk pengadaan penambahan (ETLE Mobile-red) apabila kita sudah sosialisasikan dan kita terapkan di Bangka Belitung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dedy mengungkapkan, bahwa operator ataupun petugas lalu lintas dapat melakukan tilang melalui ETLE Mobile ini dimana saja, tanpa adanya pemberlakuan wilayah-wilyah khusus.

Oleh karna itu, Ia menghimbau kepada masyarakat untuk dapat tertib berlalu lintas dan menggunakan alat keselamatan dalam berkendara seperti yang telah ditetapkan.

“Untuk anggota yang menggunakan ETLE Mobile bisa dimana saja, tidak hanya di lampu merah saja, ketika dia lagi patroli dan dimana dia langsung foto yang langsung terkoneksi dengan box office kami, disitu terlihat nanti TKP-nya dimana, dijalan apa, koordinat berapa, jam berapa, semua keliatan, jadi masyarakat harus berhati-hati apabila kita sudah menggunakan ETLE Mobile ini,” pungkas

(Jek)

foto : YouTube NTMC Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *