Cuaca Ekstrim Sebabkan Jadwal Keberangkatan Kapal Tidak Menentu, KSOP Himbau Hal Ini Kepada Pemudik

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Menyambut masa arus balik pasca liburan natal dan tahun baru 2023, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Pangkalpinang menghimbau kepada masyarakat khususnya para pemudik yang menggunakan transportasi angkutan laut untuk selalu up-to-date mengenai informasi jadwal keberangkatan kapal.

Pasalnya, cuaca ekstrim yang saat ini melanda laut wilayah Bangka Belitung dan sekitarnya menyebabkan jadwal keberangkatan kapal sering tidak menentu.

Demikian hal ini disampaikan oleh Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan (Lala & Uspel), Dhanur kepada beritacmm.com, Senin (02/01/2023).

“Khususnya kapal roro rute pangkal balam – tanjung priok (PP), dimohon untuk calon penumpang yg akan menggunakan transportasi laut tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Dhanur.

“Serta sebelum membeli tiket kapal agar memastikan jadwal kapal dengan cara aktif selalu dengan up to date informasi mengenai jadwal kapal, bertanya kepada agen-agen tiket kapal setempat,” sambungnya.

Selain itu, menurut Dhanur, menyambut arus balik pada tahun ini, aktivitas di pelabuhan pangkalbalam terpantau kondusif seperti hari-hari normal biasanya, bahkan terpantau, tidak adanya peningkatan jumlah penumpang yang berarti.

“Jumlah armada kita alhmdulillah masih bisa mengakomodir. Artinya tidak ada puncak, karena kegiatan naik turun penumpang alhmdulillah masih terpantau seperti hari-hari biasa,” ucapnya.

Selain itu, Ia mengatakan pada arus mudik kemarin terjadi peningkatan untuk jumlah penumpang, walaupun tidak terlalu signifikan.

Tercatat, untuk masa nataru tahun 2021/2022 jumlah turun naik penumpang sebanyak 3424 orang, sedangkan Tahun masa nataru 2022/2023 jumlah turun naik penumpang sebanyak 3467 orang.

“Terjadi peningkatan penumpang yang tidak terlalu signifikan yaitu sebesar 1,3 persen,” pungkas Dhanur.

(jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *