Di 2023, Lima Titik Jalan Status Provinsi Akan Dilakukan Pelebaran

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PUPRPRKP) Bangka Belitung (Babel) akan memfokuskan pelebaran jalan status Provinsi pada lima (5) titik lokasi di tahun 2023 ini.

Adapun kelima lokasi tersebut yakni Jalan Puput-Simpang Katis, jalan Puding Besar, jalan Saing-Kota Waringin, kemudian jalan Kelapa-Kayu Arang. Selain itu, juga akan dilakukan Long Segment pada Simpang Empat Sijuk-Puding yang ada di Belitung serta Long Segment jalan Air Gegas-Bedengung yang ada di Bangka.

Untuk diketahui, Long Segment merupakan kegiatan preservasi jalan dalam batasan satu panjang segmen yang menerus (bisa lebih dari satu ruas) yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan kondisi jalan yang seragam yaitu jalan mantap dan standar sepanjang segmen.

Demikian hal ini disampaikan Kabid Bina Marga Dinas PUPRPRKP Babel, Syafran Noveri kepada beritacmm.com, Rabu (18/01/2023).

“Sisanya pemeliharaan (jalan-red), pemeliharaannya tahun ini di fokuskan di pemeliharaan berkala karna jalan kita tahun ini banyak kondisinya yang rusak, dan juga menyesuaikan dengan anggaran yang ada,” terang Syafran.

“Karna untuk pelebaran itu kan biayanya mahal, jadi untuk memantapkan kondisi jalan kita lakukan dengan pemeliharaan berkala,” sambungnya.

Sementara itu, dijelaskan Syafran, biaya pelebaran jalan untuk kelima titik lokasi ini tidaklah sedikit, bahkan menyentuh dikisaran puluhan miliar rupiah.

“Kurang lebih itu diangka Rp 40,9 miliar, terdiri dari dana APBD dan DAK (Dana Alokasi Khusus),” jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa saat ini proses lelang untuk kelima titik jalan tersebut juga sudah di proses dan berada di Pokja/ULP Babel untuk dikaji ulang.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *