BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Bawaslu Provinsi Babel Resmikan Posko Pengaduan Tahapan Pemilu 2024

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung (Babel) meresmikan posko pengaduan untuk tahapan pemilu 2024, di Kantor Bawaslu Babel, Selasa (14/02/2023).

Pada kesempatan ini, Bawaslu Babel juga turut mensosialisasikan aplikasi Jarimu Awasi Pemilu, hal tersebut tentunya untuk memastikan kesiapan dalam mengawal proses demokrasi pada tahun depan nanti.

“Hari ini kita melaksanakan apel siaga serentak seluruh Indonesia, Satu tahun menjelang pemilu 2024. Tentunya dalam kesiapan kita mengawal proses demokrasi,” ucap Komisioner Bawaslu Babel Sahirin.

“Kami hari ini juga melaunching posko pengaduan dan aplikasi jarimu awasi pemilu. Tadi sudah dibacakan deklarasi bersama,” sambungnya.

Sahirin mengatakan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk memastikan Pemilu 2024 nanti berjalan dengan luber, jujur dan adil.

Selain itu, juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan dini praktik politik uang dan politik identitas yang diketahui selalu jadi “bola panas” dalam ajang pesta demokrasi tersebut.

“Juga mengedukasi masyarakat untuk menjaga nilai-nilai politik lokal dan memastikan pemilu 2024 berjalan aman dan damai,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kabag Pengawasan Pemilu dan Humas Bawaslu Babel, Rogrius Sinulingga menerangkan, bahwasannya Aplikasi Jarimu Mengawasi Pemilu ini dapat mengidentifikasi berita yang di peroleh tersebut hoax atau tidaknya.

Keunggulan lain dari aplikasi itu, lanjut dirinya, bahwa dapat merespon aduan masyarakat dengan cepat, sehingga aduan yang masuk dapat segera ditanggapi dan masyarakat tidak perlu menunggu dengan waktu yang lama.

“Cek berita itu hoax atau tidak pantauan pemilu juga ada. Jadi masyarakat tinggal mengirim berita dan foto bisa tau berita itu hoax atau tidaknya. Semua masyarakat dapat berkontribusi. Tinggal di share disitu, bisa langsung merespon dan menindak aduan secepatnya,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *