BeritaDaerahKriminalNasional

Masyarakat Wajib Tau, Berikut Ciri Gas LPG yang Telah di Oplos

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Pasca penangkapan tersangka pengoplos dari Gas LPG 3 Kilogram ke Gas LPG 12 Kilogram oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Babel.

Pertamina turut angkat bicara, melalui Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Bangka Angga Dexora memberi tips kepada masyarakat untuk mengenal lebih jauh ciri-ciri LPG yang telah dilakukan oplosan atau tidak asli lagi.

Menurut Angga, ada beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali masyarakat terkait di oplos atau tidaknya Gas yang dibeli tersebut.

“Apabila kita pasangkan karbulator pada gas itu akan ada bunyi sisss (seperti bocor-red) atau tercium bau atau ketika bapak kunci (karbulator) itu tidak bisa diangkat itu kemungkinan oplos,” jelas Angga di Mapolda Babel, Kamis (23/02/2023).

Lanjut, Dikatakan dirinya, bahwa hal itu dapat terjadi karna adanya paksaan penggunaan selang yang tidak sesuai dengan ukuran yang seharusnya digunakan oleh Gas LPG ini.

“Kenapa? Karna sudah longgar (bagian lubang gas) pak, makanya ada kasus kebocoran gas dan meledak itu karna ada kebocoran dari (lubang gas) karna mereka ini memaksa. misalnya lubangnya itu 1 inchi itu dipaksa gunakan 1,2 oleh karna itu selang ini memungkinkan gas ini keluar pak,” terangnya.

Oleh karna itu, apabila masyarakat menemukan ciri-ciri tersebut, dirinya menghimbau untuk segera mengembalikan Gas LPG yang telah di beli ini ke outlet tempat pembelian semula, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Makanya apabila ditemukan ciri-ciri tersebut, maka masyarakat sebaiknya mengembalikan gas itu ke outlet atau agennya,” tutup Angga.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *