BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Manfaat FABA Guna Pemulihan Lahan Ex-Tambang, Masyarakat Bisa Dapatkan Secara Gratis!

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Solusi dalam memulihkan ataupun konservasi lahan bekas tambang timah yang ada di Babel saat ini memang selalu menjadi permasalahan sendiri terhadap lingkungan.

Dimana hal ini juga turut dipaparkan dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) untuk rehabilitasi lahan bekas tambang yang terlantar dengan Fly Ash Bottom Ash (FABA) PLTU, berlangsung di Hotel Novotel, Senin (20/03/2023).

Untuk diketahui, Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) adalah Limbah abu pembakaran batu bara pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN, kini telah digunakan sebagai material untuk membangun rumah, jalan, hingga jembatan.

Dalam hal ini, GM PLN IUW Babel, Ajrun Karim mengatakan, bahwa FABA saat ini sudah banyak sekali dimanfaatkan, tak terkecuali dari kalangan pemerintah dan masyarakat.

Apalagi, ditambahkan Ajrun, sejak dikeluarkannya keputusan bahwa FABA masuk dalam kategori limbah non B3 pemanfaatannya langsung naik begitu tajam, bahkan mencapai angka 200 persen.

“Jadi deposit kita yang dulu hampir 100 ribuan, sekarang sudah hampir separuh kurang,” kata Ajrun kepada awak media, Senin (20/03/2023).

Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki FABA yakni dapat menjadi salah satu alternatif dalam memulihkan kadar keasaman pada air.

Hal itu disampaikan oleh pihaknya, setelah melakukan pengujian di salah satu lahan bekas tambang yang ada di Negeri Serumpun Sebalai ini.

“Ada kebijakan bahwa lubang tambang di Babel tidak boleh ditutup karna menjadi tempat konservasi air, kita sepakat karna air memang menjadi kebutuhan dasar dari hidup kita tapi ketika airnya asam airnya tidak bisa dipakek. FABA jadi salah satu alternatif karna ketika diberi FABA airnya bisa netral,” jelas Ajrun.

“Kita juga melakukan kajian, contoh pada HUT ABRI 2022 kemarin, kita melakukan uji coba ditemani kawan-kawan Korem, ada sebuah lahan tambang yang PH airnya itu sekitar 3-4, kita taruh beberapa truk FABA PH-nya netral menjadi 8,4,” sambung GM PLN IUW Babel ini.

Tak hanya sampai disitu, beberapa perusahaan juga telah melakukan kajian terhadap manfaat FABA ini, semisal PLN PLTU Asam Asam dan PLTU Ombilin dengan pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA) sebagai bahan pencampur dan pelapis batuan PAF untuk pencegahan Air Asam Tambang (AAT) terbukti dapat menaikan PH lahan ex tambang dengan dari PH Asam (2-3) menjadi PH netral (6,5-7,5).

Demikian pula dengan hasil uji coba dengan pemanfaatan FABA oleh PLN PLTU Ombilin bahwa dengan pemberian 5 ton FABA per hektar ini terbukti dapat meningkatkan produktivitas tanaman jagung sebesar 15,5 persen dan Padi sebesar 15,16 persen.

Oleh karna itu, dirinya berharap rehabilitasi lahan bekas tambang melalui Penanaman Hutan Tanaman Energi (HTE) menggunakan material FABA dari PLTU dapat segera direalisasikan.

Lebih lanjut, Ajrun turut menerangkan bahwa masyarakat juga dapat memanfaatkan FABA, dan bisa didapatkan secara gratis.

“Cara mengajukan FAB tinggal datang ke PLTU atau PLN daerah masing-masing, tinggal mengajukan, memberikan data identitas diri dan mengisi surat pernyataan bahwa tidak akan digunakan dan dibuang sembarangan, dan bersedia menggunakan FABA itu sesuai dengan kaidah lingkungan yang sudah ada, itu saja semudah itu dan gratis. tinggal datang bawa transportasi ke PLTU, nanti kita bantu muatkan pakai alat berat tanpa dipungut biaya apapun,” tutup Ajrun.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *