BeritaDaerahNasionalPendidikan

Hasil Seleksi Masuk UBB Jalur SNBP telah Keluar, Jangan Lupa Registrasi Ulang ya!

Bagikan Berita

Bangka,BERITACMM.com

Antusiasme para siswa dan siswi dalam mengikuti pendaftaran masuk ke Universitas Bangka Belitung melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) begitu luar biasa.

Terbukti, jumlah pendaftar pada SNBP tahun ajaran 2023 ini menembus angka 2.616 orang, bahkan angka ini lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya.

Demikian hal ini disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Nizwan Zukhri, S.E., M.M. dalam kegiatan Konferensi pers terkait Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi Universitas Bangka Belitung Tahun 2023, di UBB, Selasa (28/03/2023).

“Ada 2616 orang yang mendaftar di UBB melalui jalur SNBP ini, yang diterima hanya 732 saja artinya hampir 2 ribu juga yang tidak lolos melalui jalur SNBP ini,” jelas Nizwan.

Untuk diketahui, jalur SNBP merupakan seleksi tanpa test akan tetapi berdasarkan nilai raport dari semester satu hingga lima serta ditambah penilaian lain misalkan prestasi-prestasi yang diraih siswa siswi ini.

Selain SNBP, lanjut Nizwan, juga ada dua jalur seleksi lain untuk masuk ke perguruan tinggi yakni, jalur mandiri dan juga jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT) yang diketahui saat ini juga sedang berlangsung penerimaan calon mahasiswa (CASIS) dari jalur tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Nizwan juga menjelaskan, angka penerimaan tertinggi jalur SNBP ini diduduki oleh Provinsi Babel secara nasional. Tentu ini kabar yang cukup baik ditengah rendahnya Angka Partisipasi Kasar (APK) yang dimiliki oleh Negeri Serumpun Sebalai.

“Dari data yang berhasil lolos ini ada berasal dari 17 Provinsi, secara nasional terbanyak dari Babel dan yang terkahir ditempati oleh Provinsi Jawa Timur,” terangnya.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa persaingan seleksi SNBP kali ini yang paling ketat terjadi di Prodi Manajemen, dimana jumlah para pendaftar mencapai 600 orang sedangkan yang diterima hanya berkisar 40 orang saja.

Berikut rincian lengkap jumlah pendaftar berdasarkan wilayah yang ada di Babel :
– Kabupaten Bangka 572 siswa
– Kabupaten Bangka Barat 337 siswa
– Kabupaten Bangka Selatan 394 siswa
– Kabupaten Bangka Tengah 326 siswa
– Kabupaten Belitung 131 siswa
– Kabupaten Belitung Timur 152 siswa
– Kota Pangkalpinang 582 siswa.

Lebih lanjut, Nizwan turut mengingatkan kepada calon mahasiswa agar tidak lupa melakukan registrasi ulang terkait verifikasi data calon mahasiswa apabila dinyatakan lulus pada SNBP ini.

Karna apabila calon mahasiswa tidak melakukan registrasi ulang hingga batas yang ditentukan pada tanggal 14 April 2023 nanti. Maka, ditegaskan Nizwan, kelulusan para casis tersebut dapat digugurkan oleh pihak UBB.

“Apabila tidak melakukan verifikasi ulang maka UBB berhak membatalkan kelulusan maba (mahasiswa baru) tersebut,” tutupnya.

Berikut ketentuan untuk melakukan registrasi ulang :
1. Biodata
2. Berkas Administrasi (Surat penghasilan orangtua, KK, Kepemilikan rumah, kendaraan, foto rumah, dan lain-lain)
3. Buat KIP-K (SKTM, Kartu KIP K, BSM, KPS, dan lain-lain)
4. Buat D3 Keperawatan (surat keterangan sehat, tidak buta warna, tinggi badan 155 cm untuk laki-laki dan 150 cm untuk perempuan) Berdasarkan SK Rektor 18.2/UN50/SP/I/2023 Syarat Khusus Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi D3 Keperawatan.
5. Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Selanjutnya calon mahasiswa tersebut wajib mengikuti tahap Verifikasi pada laman
https://ubb.siakadcloud.com/spmbfront/login dengan melengkapi semua persyaratan.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *