BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Divisi Permasyarakatan Lampaui Capaian Target Kinerja pada Triwulan Pertama

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Divisi Permasyarakatan (PAS) Kanwil Kemenkumham Babel berhasil mencapai target kinerja pada triwulan pertama tahun anggaran 2023.

Kepala Divisi PAS Kanwil Kemenkumham Babel, Marlen Situngkir mengatakan, terdapat 9 (Sembilan) capaian target kinerja pada Divisi Pemasyarakatan dan telah dilaksanakan.

“Pertama, Pembinaan tercapai terkait dengan SPPTI (Sistem Penanganan Perkara Pidana Terpadu berbasis Teknologi Informasi) serta Keamanan dan Ketertiban,” ucapnya, dalam press release yang diterima media ini, Rabu (29/03/2023).

Terkhusus untuk keamanan dan ketertiban, Divisi Permasyarakatan telah melakukan 16 kali kegiatan dengan rincian sebagai berikut :

1. Tanggal 19 Januari 2023 dilaksanakan Rapat Koordinasi pembahasan arah kebijakan Intelejen dengan Nara Sumber dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Analis kebijakan Madya Muhamad Budi Sarwono, dengan peserta Ka. UPT dan Keamanan se kepulauan Bangka Belitung, peserta berjumlah 40 orang.
2. Tanggal 20 Januari  2023 Rapat koordinasi Internalisasi Target Kinerja Tahun 2023 diikuti oleh seluruh Ka.UPT PAS se Kepulauan Bangka Belitung , peserta berjumlah 40 orang.
3. Tanggal 20 Pebruari 2023, Bimbingan Monev, Pengawasan dan  Pengendalian (Bintorwasdal) Pada Tugas dan Fungsi Rupbasan dan pelaksanaan evaluasi target kinerja Divisi Pemasyarakatan B02 Terkait Sosialisasi modul pengembangan SDP Basan baran.
4. Tanggal 28 Februari, Rakernis Pemasyarakatan dengan jumlah Peserta 50 orang terdiri dari Ka. UPT, Ka.KPLP, Kasi Binadik, Pem,bombing Kemasyarakatan (PK) Narasumber Pejabat pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.
5. Tanggal 06 Maret 2023, Kegiatan Bintorwasdal pada Hari Khusus/Hari Libur.
6. Tanggal, 07 Maret, Kegiatan Penggeledahan dan Tes Urine di Rutan Kelas IIB Muntok.
7. Tanggal 08 sampai dengan 10 Maret 2023*, Bintorwasdal dan Evaluasi di Lapas Kelas IIB Tanjung Pandan.
8. Tanggal 13 maret 2023, Kegiatan Penggeledahan dan Tes Urine di Lapas Kelas IIB Sungailiat.
9. Tanggal 14 Maret 2023, Kegiatan Sosialisasi Modul Pengembangan SDP Basan Baran di Rupbasan Kelas IIB Pangkalpinang.
10. Tanggal 15 Maret 2023, Kegiatan Penggeledahan dan Tes Urine di Lapas Kelas IIA Pangkalpinang.
11. Tanggal 17 Maret 2023, Kegiatan Razia  Gabungan Serentak seluruh UPT PAS di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang.
12. Tanggal 23 maret 2023, Kegiatan Bintorwasdal menjelang bulan suci Ramadhan 1444H di Lapas Kelas IIB Sungailiat.
13. Tanggal 24 maret 2023, Kegiatan Bintorwasdal menjelang bulan suci Ramadhan 1444H di Lapas Kelas IIA Pangkalpinang.
14. Tanggal 25 maret 2023, Kegiatan Bintorwasdal menjelang bulan suci Ramadhan 1444H di Rutan Kelas IIB Muntok
15. Tanggal 28 Maret 2023,  Kegiatan Bintorwasdal  Pelayanan dalam rangka pembinaan di bulan suci Ramadhan 1444H di LPKA Kelas II Pangkalpinang.
16. Tanggal 29 Maret 2023,  Kegiatan Bintorwasdal  Pelayanan dalam rangka pembinaan di bulan suci Ramadhan 1444H di Lapas Narkotika Kelas II  Pangkalpinang.

Selain itu, juga terkait UPT Permasyarakatan yang sudah mempunyai izin Klinik Pratama. Dalam hal ini, Dikatakan Marlen, ada dua UPT yang sudah memiliki izin tersebut.

“Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pangkal Pinang dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sungailiat,” tuturnya.

Capaian target juga berhasil diraih Div PAS Kanwil Kemenkumham Babel terkait upaya restoratif justice. Hal itu ditunjukan dengan terjalinnya Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait Penerapan Keadilan Restoratif Justice Pelaku Dewasa dengan BNNK yang ditandatangani pada Hari Selasa Tanggal 21 Maret 2023 kemarin.

Tak hanya itu, hadirnya GRIYA ABHIPRAYA yang diresmikan pada (01/03/2023) kemarin, juga masuk kedalam capaian target kinerja Div PAS Kemenkumham Babel pada triwulan pertama ini.

Lanjut Marlen, pihaknya juga berhasil melaksanakan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2024 di Lapas ataupun Rutan.
Menurutnya, dari data update tanggal 27 Maret 2023 ada sebanyak 2228 warga binaan permasyarakatan (WBP) yang sudah memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan).
 
“Warga Binaan yang belum memiliki NIK sebanyak 48 Orang, Hasil koordinasi dengan Dinas Dukcapil setempat untuk melakukan perekamam E-KTP,” ungkap Kadiv PAS.

Raihan capaian target kinerja ini juga berhasil didapatkan dalam bidang kesehatan, Dimana hal itu ditunjukan dalam kegitan Rehabilitasi Pemasyarakatan terhadap 108 orang Warga Binaan Pemasyarakatan pada Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, pada tanggal 14 Februari 2023 lalu.

Ditambahkan Marlen, pihaknya juga berhasil mencapai target kinerja dalam urusan pembentukan lembaga pelatihan kerja yang telah dilakukan di tiga tempat yakni :
a. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pangkalpinang
b. Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang
c. Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Pangkalpinang

“Sedangkan untuk konsultasi teknis dan rakernis PAS pada Triwulan pertama, Divisi Pemasyarakatan telah mengadakan kegiatan yakni KONSTEK terkait Konsolidasi arah kebijakan intelejen Pemasyarakatan, KONSTEK terkait Internalisasi Target Kinerja Pemasyarakatan, RAKERNISPAS dengan tema Transformasi Pemasyarakatan semakin pasti dan berakhlak,” bebernya.

Sementara itu, dalam rangka memenuhi Target Kinerja B04, Divisi Pemasyarakatan telah mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi DILKUMJAKPOL PLUS dengan tema “Penguatan Sinergitas Aparat Penegak Hukum untuk mewujudkan Criminal Justice System dan Optimalisasi Penanganan Overstaying” di selenggarakan pada Hari Selasa Tanggal 21 Maret 2023 kemarin.

Terakhir, capaian terkait realisasi penyerapan anggaran pada triwulan pertama yang dapat dikatakan cukup tinggi, yakni mencapai 32,04 persen.

“Anggaran Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung pada Tahun Anggaran 2023, sebesar Rp. 540.527.000,- dengan realisasi belanja sampai dengan Triwulan I sebesar Rp. 173.318.822-, atau 32,04 persen,” tutup Marlen.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *