BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Sukseskan Gernas BBI, PT Timah Pasarkan Produk UMKM Babel di Kegiatan Bazaar Kementerian ESDM

Bagikan Berita

Jakarta,BERITACMM.com

PT Timah Tbk memfasilitasi puluhan produk mitra binaan untuk dipromosikan dan dipasarkan dalam acara Bazaar UMKM ‘Sobat Energi Belanja UMKM’ 2023 yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang digelar di Lapangan Futsal Kementerian ESDM. Kantor Sekretariat Jenderal ESDM, Jakarta pada Selasa-Kamis (4-6/4/2023).

Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID ini mendatangkan dua orang mitra binaan untuk mempromosikan dan memasarkan produk pelaku UMKM dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar dikenal secara nasional.

Bazaar UMKM ‘Mitra Berenergi Pengeluaran UMKM’ 2023 merupakan aksi nyata dari Kementerian ESDM untuk mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan Kementerian ESDM merupakan bagian dari keanggotaan Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI), sehingga harus mengambil peran dalam mendukung gerakan ini melalui upaya memajukan bangsa. pelaku industri UMKM.

“Pemerintah saat ini terus mendorong penggunaan produk dalam negeri, salah satunya dengan mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Maka hari ini, kami Kementerian ESDM mengadakan bazaar dengan tema Sahabat Belanja Energi UMKM,” kata Arifin.

Arifin mengungkapkan, pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor pelemahan aktivitas ekonomi Tanah Air. Dengan adanya kegiatan bazaar ini diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan dan memajukan UMKM.

“Bazaar ini diharapkan menjadi salah satu sarana dan wadah bersama dalam upaya meningkatkan dan memasarkan produk UMKM, dengan melibatkan peran Dharma Wanita Asosiasi Kementerian ESDM melalui pembinaan kewirausahaan UMKM,” ujarnya.

Ia melanjutkan, keterlibatan berbagai pemangku kepentingan dalam bazaar ini turut berperan dalam memajukan UMKM sehingga dapat berdampak baik dalam mempromosikan berbagai produk seperti sandang dan pangan, dengan berbagai macam aksesoris yang menarik bagi pengunjung.

“Dan bertepatan dengan bulan Ramadhan 1444 H yang penuh berkah, kami berharap pengunjung dapat memaksimalkan berbelanja di bazaar ini dan dapat berbagi kepada sesama serta memberikan manfaat untuk semua,” kata Arifin.

Dalam kesempatan tersebut, Arifin juga mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah berperan dalam kemajuan UMKM di setiap daerah.

“Kami berharap produk ini tidak hanya dikonsumsi di pasar lokal, tetapi bisa mengupayakan agar produk ini bisa menembus pasar internasional. Untuk itu, kegiatan pembinaan seperti kualitas, desain, perlu terus dikembangkan,” ujarnya. .

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia PT Timah Tbk Yennita, mengungkapkan keterlibatan PT Timah dalam kegiatan ini merupakan komitmen perusahaan untuk memajukan UMKM.

“Kami terus berkomitmen agar para mitra binaan UMKM kami bisa berbenah. Ini salah satu caranya, yakni dengan mengikutsertakan mereka dalam bazaar atau pameran seperti ini,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam Bazaar UMKM ‘Sbat Energi Belanja UMKM’ 2023, pihaknya mendatangkan mitra binaan unggulan dari Bangka Belitung, sehingga pihaknya terus mendukung promosi produk UMKM.

“Ada beberapa produk UMKM kita yang sudah masuk pasar mancanegara. Misalnya produk kerajinan tangan berupa anyaman dari Air Abik yang diminati pelanggan dari Jepang,” ujarnya.

Ke depannya, ia berharap dengan pembinaan dari PT Timah Tbk, para mitra binaan yang merupakan UMKM unggulan dapat mandiri dan melanjutkan usahanya serta mengembangkan produk hingga mampu menembus pasar global. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *