BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Plat Kendaraan Menumpuk di Samsat, Masyarakat Dihimbau Untuk Segera Mengambil

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bangka Belitung menghimbau kepada masyarakat untuk segera mengambil Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat kendaraan terbaru yang sudah dibayar ataupun dipesan.

Hal ini dikarenakan, terjadinya penumpukan plat kendaraan di Kantor Samsat, yang diketahui sudah dipesan namun belum diambil oleh pemohon ataupun pemilik TNKB tersebut.

“Karna kemarin kami mengecek ke beberapa Samsat, baik di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka masih banyak TNKB dari pemohon atau pemilik yang belum diambil,” ucap Kasubdit Regident Ditlantas Polda Babel, AKBP Deddy Dwitya Putra, seizin Dirlantas Polda Babel, Senin (10/04/2023).

“Sehingga nanti sangat disayangkan kendaraannya tidak menggunakan TNKB yang baru padahal masyarakat sudah membayar,” sambungnya.

Apalagi, lanjut Deddy, plat kendaraan terbaru yang belum diambil itu tidaklah sedikit dan diperkirakan jumlahnya mencapai ribuan.

“Kalo dilihat secara kasat mata cukup banyak, baik di Sungailiat atau Pangkalpinang itu ada hampir 1000 (Plat kendaraan) yang belum diambil, itu sudah ready tinggal diambil saja,” terangnya.

Deddy menjelaskan, tidak diambil pun plat kendaraan tersebut memang tidak akan mengganggu kinerja para pegawai. Namun akan sangat disayangkan, karna masyarakat sudah membayar tapi tidak digunakan semestinya.

Lanjut Deddy, jangan sampai nanti ada kejadian atau hal-hal yang diluar sepengetahuan atau disalahgunakan. Menurutnya, kalaupun terkendala jarak untuk pengambilan TNKB tersebut, masyarakat dapat meminta pertolongan kepada Pihak Samsat terdekat dari tempat tinggal masing-masing.

“Misalkan masyarakat di Kabupaten Bangka Barat mau ke Pangkalpinang kan jauh, mungkin bisa minta tolong dengan rekan-rekan di Samsat Bangka Barat dengan menunjukan data dan sudah membayar, jadi bisa di akumulasi dan digeser bersama-sama dan masyarakat bisa mengambil TNKB di Samsat Bangka Barat nantinya,” jelas Kasubdit Regident Ditlantas Polda Babel ini.

Lebih lanjut, Deddy juga mengungkapkan, bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi  dan sosialisasi kepada pihak Samsat, agar dapat memberikan informasi pengambilan TNKB tersebut kepada masyarakat yang sudah membayar.

Oleh karna itu pula dirinya berharap, agar masyarakat dapat mengindahkan informasi ini dan dapat sesegara mungkin mengambil plat kendaraan yang sudah dipesan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat Babel untuk mengambil TNKB yang sudah  dicetak ataupun sudah dibayar. Jangan sampai ada penumpukan-penumpukan lagi di Samsat yang kita temukan,” imbuhnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *