NasionalBeritaDaerahEkonomi Bisnis

PT Timah Hadirkan Mudik Gratis Bersama BUMN, Ratusan Warga Belitung Bisa Pulang Kampung

Bagikan Berita

Belitung,BERITACMM.com

Melalui Program Mudik Bersama BUMN 2023, PT Timah Tbk mewujudkan keinginan mahasiswa dan masyarakat Pulau Belitung untuk bisa mudik ke kampung halaman merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah bersama keluarga.

Ratusan mahasiswa dan masyarakat Pulau Belitung memanfaatkan program Mudik Bersama BUMN 2023 yang diprakarsai Menteri BUMN Erick Thohir dalam kegiatan “Mudik Semoga Mudik Bersama BUMN 2023”.

Mudik gratis tahun 2023 PT Timah Tbk menyediakan 1000 kuota peserta dengan tujuan Pulau Bangka, Pulau Belitung, dan Kepulauan Riau.

Sebanyak 338 pelajar Pulau Belitong dari Jawa, Sumatera, dan Pulau Bangka memanfaatkan program mudik ini.

Kali ini gelombang pertama tiba bagi rombongan dari Pulau Jawa, yakni menggunakan Kapal KM Sawita dari Pelabuhan Tanjung Priok, dan sandar di Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan, Senin (17/4/2023).

Kedatangan tersebut disambut baik oleh Kepala Unit Produksi Belitung PT Timah Tbk, Acmad Haspani, beserta jajarannya.

Koordinator Pusat IKPB, Giovanni Dwintara mengatakan, sejak awal mereka mendapat informasi tentang rencana mudik gratis, dan mereka langsung menjalin komunikasi dengan PT Timah Tbk. Hal ini pun disambut baik oleh anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID.

“Beberapa kali kami mengadakan pertemuan untuk memantapkan mudik, mulai dari online dan offline, dan kami mengapresiasi niat baik PT Timah Tbk untuk memastikan jadwal pemberangkatan kapal langsung ke Jakarta,” ujar Giovani.

Menurutnya, empat wilayah terbagi dalam mudik gratis ini, yakni Jabodetabek dan sekitarnya, Jawa Barat dan sekitarnya, Yogyakarta dan sekitarnya, serta Pulau Sumatera.

“Untuk Jabodetabek, Jawa Barat, dan Yogyakarta serta sekitarnya berangkat tanggal 16 kemarin dan dari Pulau Sumatera berangkat tanggal 17 ke Bangka kemudian ke Belitung,” terangnya.

Dijelaskannya, sebanyak 338 mahasiswa mengikuti mudik gratis ini yang terdiri dari 169 orang di Pulau Jawa dan 169 orang juga di Pulau Sumatera, sehingga terbagi dalam dua gelombang.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada PT Timah Tbk, mulai dari transportasi hingga konsumsi semua ditanggung oleh PT Timah Tbk, bahkan bus dari Pelabuhan Tanjungpandan ke masing-masing kecamatan juga disediakan,” ujarnya.

Sementara itu, mahasiswa asal Semarang, Jifzi Rivanov, mengaku senang bisa mengikuti mudik gratis PT Timah Tbk sehingga bisa menekan biaya mudik untuk berkumpul bersama keluarga di momen lebaran kali ini.

“Alhamdulillah kami tidak memungut biaya apapun, bahkan kami pergi dari Semarang ke titik kumpul ke Jogja, dan biaya transportasinya diganti,” ujarnya.

Ia berharap BUMN bersama PT Timah Tbk melaksanakan agenda mudik gratis secara rutin. Karena mudik ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

Begitu juga dengan mahasiswa asal Yogyakarta, Intan sangat mensyukuri adanya mudik gratis karena tentunya dapat menghemat biaya perjalanan mudik.

“Perjalanannya cukup panjang dan semua perjalanan dibiayai oleh PT Timah Tbk,” ujarnya.

Mahasiswa Yogyakarta lainnya, Alfarhan mengatakan, mudik gratis tidak dipungut biaya dari awal berangkat hingga tiba di rumah masing-masing.

“Perjalanannya lumayan jauh dan melelahkan karena naik bus dan kapal laut, dan pesan saya ke depan tetap dilaksanakan dan kuotanya juga ditambah,” ujarnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *