BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Menelusuri Sejarah Timah di Museum Timah Indonesia Pangkalpinang

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Berkunjung ke museum dapat memberikan pengalaman yang berkesan, khususnya museum khusus seperti Museum Timah Indonesia Pangkalpinang yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Museum yang dikelola PT Timah Tbk ini bisa menjadi destinasi edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Berbagai informasi tentang pertambangan timah di Indonesia tersedia di Museum Timah Indonesia (MTI) Pangkalpinang.

MTI Pangkalpinang dibuka pada tahun 1997 silam, bangunan museum ini juga merupakan bangunan bersejarah dan merupakan cagar budaya. Pada tahun 2018 Museum Timah Indonesia Pangkalpinang menjadi Museum Timah Pertama di Asia.

Setiap tahun, MTI Pangkalpinang dikunjungi puluhan hingga puluhan ribu orang dari mancanegara, lokal, maupun nasional. Seperti wisatawan, peneliti, pelajar, mahasiswa, dan sejarawan.

Museum yang dikelola oleh Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID ini merupakan tempat yang mengungkap jejak-jejak penambangan timah di Indonesia dan Bangka Belitung.

MTI Pangkalpinang agak berbeda dengan museum umumnya dengan sentuhan suasana yang lebih semi modern. Museum ini juga dilengkapi infrastruktur pendukung seperti VR, topografi tiga dimensi, teknologi pengerukan, studio mini hingga mobil self-driving. Tak hanya itu, museum ini juga memiliki beragam diorama yang menarik.

Ketua MTI Pangkalpinang Taufik mengatakan, di Museum Timah Indonesia terdapat sekitar 500 koleksi seperti alat penambangan timah, batu, alat gali, mangkok keruk, alat gali, balok timah, dan berbagai miniatur.

“Kami berupaya untuk terus menghadirkan inovasi agar selalu ada yang baru di Museum Timah Indonesia. Kami gabungkan dengan sentuhan teknologi sehingga dapat menarik minat generasi milenial untuk datang ke museum,” ujarnya.

Selain itu, MTI juga menghadirkan City Tour dengan menggunakan kendaraan Pownis yang merupakan salah satu alat transportasi terpopuler saat itu.

“Pownis city tour juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke sini karena banyak masyarakat yang kangen dengan wahana ini mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota Pangkalpinang,” ujar Taufik.

Ia menambahkan, sejak Januari hingga Maret 2023, Museum Timah Indonesia dikunjungi sebanyak 6.125 orang.

Pada tahun 2023, Museum Timah Indonesia masuk sebagai salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023 kategori Tempat Bersejarah.

“Kami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk mendukung Museum Timah Indonesia Pangkalpinang menjadi yang terbaik dalam Anugerah Pesona Indonesia 2023,” ujarnya.

Bagi anda yang berkunjung ke Kota Pangkalpinang jangan lupa mampir ke Museum Timah Indonesia Pangkalpinang, karena disini banyak sekali pengetahuan tentang pertambangan timah, apalagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi penghasil timah terbesar di Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *