NasionalBeritaDaerahPemerintahan

Genap Berusia 20 Tahun, Kabupaten Bangka Barat Alami Banyak Kemajuan

Bagikan Berita

BangkaBarat,BERITACMM.com

DPRD Kabupaten Bangka Barat menggelar Rapat Paripurna istimewa dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bangka Barat ke-20, berlangsung di Gedung Mahligai Betason, Rabu (20/05/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati H. Sukirman, Wakil Bupati Bong Ming-Ming beserta jajaran, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemprov Babel Yunan Helmi, Presidium Pembentukan Bangka Barat, serta berbagai stakeholder lainnya, dengan mengenakan pakaian Adat Melayu.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat, Marudur Saragih menyampaikan, bahwa dalam perjalanannya selama 20 Tahun, Kabupaten Bangka Barat telah mengalami banyak kemajuan.

Meskipun demikian, lanjutnya, juga masih banyak permasalahan yang muncul, dimana kondisi tersebut secara langsung ataupun tidak langsung sangat berpengaruh kepada dinamika kehidupan masyarakat Bangka Barat.

“Bermacam peluang dan tantangan, dengan kondisi internal dan eksternal, menuntut adanya sistem pengelolaan pemerintahan yang responsif, inovatif serta berkelanjutan dalam upaya meningkatkan berbagai potensi daerah, yang mana esensinya, untuk mendorong perkembangan pembangunan daerah, sesuai dengan aspirasi, potensi dan kondisi sosial masyarakat didaerah ini,” ujar Marudur.

Selain itu, sebagai selaku pemegang amanah rakyat, Marudur turut mengajak seluruh pihak terkait agar kedepannya dapat bersama-sama untuk bekerja lebih baik, guna mewujudkan Kabupaten Bangka Barat yang maju, sejahtera dan bermartabat.

“Sesuai dengan Tema Hari Jadi Kabupaten Bangka Barat ke-20, yaitu ‘Dengan Kebersamaan Kita Wujudkan Bangka Barat Maju, Sejahtera dan Bermartabat’ tentunya tema ini untuk mendorong kita agar selalu bekerjasama, dalam segala aspek dan bidang pembangunan di Bangka Barat,” imbuhnya.

Sementara itu, pada kesempatannya, Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming-Ming mengatakan, diusia yang ke- 20 Tahun ini merupakan perjalanan yang cukup panjang bagi Kabupaten Bangka Barat.

“Pada awal kepemimpinan bersama Bapak Bupati, kita sudah terbentur dengan banyak masalah, salah satunya Pandemi Covid-19, ada pemangkasan anggaran dari pusat yang menguras hampir 200 Milyar, ini bukanlah hal mudah dalam menghadapi untuk melakukan pembangunan dan berjuang mewujutkan Bangka Barat maju, sejahtera dan bermartabat,” kata Wabup.

Meskipun demikian, dirinya mengatakan,  berkat dukungan DPRD Kabupaten Bangka Barat dan do’a masyarakat, salah satu program Pemkab yaitu Berobat Gratis sudah diluncurkan dan saat ini sudah dirasakan oleh semua masyarakat Bangka Barat.

“Saya yakin di Kabupaten/Kota lain juga punya keinginan untuk program seperti ini, yang mampu memfasilitasi masyarakat Bangka Barat untuk berobat gratis dan program ini dapat terwujud berkat dukungan kawan-kawan dari DPRD Kabupaten Bangka Barat juga,” tegas Bong Ming-Ming.

Disisi lain, Bong Ming Ming juga mengakui dalam 2 Tahun kepemimpinan bersama Pak Bupati H.Sukirman, masih banyak hal-hal yang belum dapat difasilitasi seperti pembangunan dan perbaikan jalan, yang disebabkan keterbatasan anggaran.

“Defisit anggaran, telah membuat kita terbelenggu, sehingga tidak banyak yang bisa kita lakukan, namun bukan berarti kita berhenti untuk membangun Kabupaten yang kita cintai ini,” bebernya.

Sementara itu, mewakili PJ Gubernur Babel, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemprov Bangka Belitung, Yunan Helmi mengungkapkan, dalam kurun waktu 20 tahun ini Kabupaten Bangka Barat telah mengalami banyak kemajuan di berbagai bidang, seperti sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan serta berbagai sarana masyarakat, guna memacu pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tentu dengan dukungan seluruh komponen masyarakat, dirinya yakin berbagai pembangunan di Kabupaten Bangka Barat terus berjalan dengan lancar.

Oleh karna itu pula, dirinya berharap, agar pemda dan penyelenggara pemerintahan dapat terus belajar dan mempersiap diri, untuk merencanakan pembangunan skala besar bagi percepatan pembangunan di Bangka Barat.

“Dengan perencanaan pembangunan secara komprehensif, memiliki kurikulum tahapan pembangunan dan senantiasa terus membangun komitmen ini dalam upaya mencapai target yang telah ditetapkan secara bermutu dan akuntabel,  mari kita bergandengan tangan dalam harmoni yang bersinergi, saling menguatkan satu sama lain. Kebersamaan adalah kekuatan untuk menyelesaikan berbagai hambatan dan tantangan persoalan yang dihadapi,” pungkas Yunan Helmi.

(JoNs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *