NasionalBeritaDaerahEkonomi Bisnis

1000 Keluarga Kurang Mampu di Babel Bakal Dapat Bantuan Pemasangan Baru Listrik Gratis

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

General Manager (GM) PLN IUW Bangka Belitung, Muhammad Munif Budiman mengungkapkan, bahwa 1000 keluarga kurang mampu yang berada di Negeri Serumpun Sebalai, akan mendapatkan bantuan pasang baru listrik gratis (BPBL) di tahun 2023 ini.

Program BPBL gratis tersebut, lanjut Munif, merupakan program dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) teruntuk masyarakat kurang mampu, serta sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan akses listrik ke seluruh Indonesia.

“Jadi tahun ini juga kita akan menyambung (listrik baru-red) ke 1000 KK dan itu gratis, itu adalah program subsidi dari Kementerian. akan tersebar di 7 Kabupaten/Kota di Babel,” kata Munif, usai acara Multi Stakeholder Forum dan Collection Action Semester 1 Tahun 2023 PT PLN IUW Babel, di Hotel Soll Marina, Kamis (25/05/2023).

Selain itu, guna memastikan bantuan tersebut tepat sasaran, dikatakan Munif, pihaknya juga bakal melibatkan aparat pemerintah dalam mendata warga yang kurang mampu.

Serta, memastikan warga yang mendaftar di program BPBL 2023 ini, telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Itu emang khusus untuk orang-orang yang tidak mampu, melibatkan aparat pemerintah setempat (untuk pengecekan-red). mampu atau tidaknya kan yang menentukannya departemen sosial, jadi pelanggan yang masuk program DTKS itu kita sambung. Pokoknya itu gratis mulai dari instalasi dirumah sampai semuanya mereka tinggal nyala (lampu-red),” terangnya.

Munif mengatakan, bahwa program BPBL ini bukanlah kali pertama dilakukan.
Pada tahun sebelumnya, pihaknya juga telah menyalurkan program pemasangan listrik gratis itu kepada 138 kepala keluarga yang layak untuk menerima bantuan tersebut.

“Ini sudah tahun kedua, tahun kemarin (2022-red) karna sudah di akhir tahun ada 138 yang sudah kita pasang,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, saat ini juga proses verifikasi penerima bantuan BPBL akan segera berlangsung, dan diharapkan dapat benar-benar bermanfaat bagi yang layak merima bantuan tersebut.

“Itu juga tergantung desa-desanya, kalo mau validasi calon-calonya ya makin banyak, kami tidak kurang-kurangi, pokoknya yang divalidasi oleh desa itulah yang di ajukan ke pusat,” pungkas GM PLN IUW Babel ini.

(Jek)

3 komentar pada “1000 Keluarga Kurang Mampu di Babel Bakal Dapat Bantuan Pemasangan Baru Listrik Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *