Dorong Kemandirian UMKM, PT Timah Tbk Salurkan Dana PUMK ke 58 Mitra Binaan

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor yang strategis dan berpotensi untuk menggerakkan perekonomian masyarakat dan menyerap tenaga kerja. Untuk itu, UMKM perlu didorong untuk mandiri dan terus berkembang.

Menyadari besarnya potensi UMKM dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan, PT Timah Tbk melalui program Pembiayaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) terus mendorong kemandirian UMKM melalui pinjaman modal, pembinaan dan pemasaran UMKM.

PT Timah Tbk kembali menggelontorkan dana bergulir melalui Program Pembiayaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) bagi pelaku UMKM di wilayah operasional pada tahun 2023.

Tahun ini, dalam melaksanakan penyaluran Program PUMK, Penerbit Berkode TINS ​​ini bekerja sama dengan Bank BRI. Penyaluran PUMK PT Timah bekerjasama dengan BRI telah menyalurkan Rp 2 Miliar yang telah terealisasi kepada 58 mitra binaan dari rencana Rp 10 Miliar untuk mendukung kemandirian UMKM.

Selain memberikan pinjaman modal bagi pelaku UMKM, anggota holding industri pertambangan MIND ID juga memberikan pembinaan dan pelatihan bagi mitra binaan untuk mengembangkan kemampuannya.

Tahun ini PT Timah Tbk akan mengadakan pelatihan pemasaran bagi mitra binaan. Sehingga nantinya dapat membantu dalam mempromosikan produknya.

Untuk meningkatkan pemasaran pelaku UMKM, PT Timah Tbk juga memfasilitasi mitra binaan untuk memasarkan produknya di Galeri Kaleng, Galeri Rumah Tua Swisbell Hotel dan Galeri Serumpun Sebalai. Selain itu, PT Timah Tbk juga kerap memfasilitasi mitra binaan untuk mengikuti pameran di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

“UMKM berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan. Maka sejak tahun 2000 PT Timah Tbk melaksanakan program PUMK untuk membantu UMKM agar mandiri dan terus berkembang,” ujar Head of Corporate Community PT Timah Tbk Anggi Siahaan.

Tahun ini, kata Anggi, ada perubahan penyaluran program PUMK. Sebagai bentuk sinergi BUMN, program penyaluran PUMK dilaksanakan sepenuhnya oleh BRI.

“Proses penilaian dan pengajuan semuanya dilakukan oleh Bank BRI. Pelaku UMKM di wilayah operasional PT Timah Tbk dapat memanfaatkan program ini untuk mengembangkan usahanya,” ujar Anggi.

(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *