BeritaDaerahNasionalPemerintahanPendidikan

Tren Wisuda Anak Sekolah Menuai Sorotan, DPRD Pangkalpinang Angkat Bicara

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Tradisi wisuda yang marak di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) menuai pro dan kontra di kalangan orangtua siswa di media sosial.

Banyak yang beranggapan, tren wisuda memberatkan orangtua dengan biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Termasuk dari Sekretaris Komisi 1 DPRD Kota Pangkalpinang, Dwi Pramono.

Menurut Dwi, pihaknya sudah sejak beberapa bulan kemarin menyoroti tren wisuda bagi tamatan TK hingga SMA ini.

Namun, hingga kini kata Dwi belum ada orangtua siswa-siswi yang mengadu keberatan secara langsung kepada DPRD Kota Pangkalpinang.

“Kalau yang dikejar gengsi antar sekolah jelas saja ini tidak baik, tapi kalau beradu mutu, prestasi pendidikan itu baru harus berlomba-lomba. Tapi kalau hanya wisuda kami pikir tidak urgensi, manfaat untuk siswa itu apa, tidak adakan,” ujar Dwi kepada, Selasa (20/6/2023)

“Jauh-jauh hari kami sudah pernah menyoroti terkait wisuda ini, dan menyampaikan ke Dinas Pendidikan jangan sampai memberatkan siswa dan wali murid,” sambungnya.

Kata Dwi, nanti pihaknya akan memanggil Dinas Pendidikan dan perwakilan pihak sekolah guna membahas permasalahan wisuda ini.

“Sejauh ini di Kota Pangkalpinang kami belum mendengar laporan bhawa ada orgtua atau wali murid yang keberatan akan wisuda ini atau yang berani speak up. Nanti kalau kami mendengar ada wali murid mengeluh, maka kami akan memanggil sekolah tersebut beserta Dinas Pendidikan karna komisi 1 sudah pernah mengingatkan ini,” terangnya

Diakui Sekretaris DPC PPP Pangkalpinang itu, anggaran yang dikeluarkan oleh orangtua mestinya bisa digunakan untuk kebutuhan melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya.

“Biaya-biaya wisuda tersebut seharusnya nanti bisa mereka gunakan untuk persiapan membeli buku, baju, atau pelengkapan tulis menuju jenjang pendidikan berikutnya, kalau memang ini cenderung memberatkan, kami minta segera untuk dievaluasi,” pungkasnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *