DaerahBeritaNasionalPemerintahan

Momen Idul Adha, Lapas Pangkalpinang Bagikan Daging Kurban ke WBP dan Warga Sekitar

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel membagikan daging kurban kepada keluarga warga binaan yang kurang mampu dan berhak menerimanya, dibagikan juga pada pensiunan pegawai Lapas Pangkalpinang dan masyarakat sekitar yang membutuhkan dan bermukim didaerah sekitar.

Lapas Pangkalpinang pada moment Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah ini menyembelih 9 ekor hewan kurban, terdiri dari 4 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di dapur Lapas Pangkalpinang, Kamis (29/6/2023).

Sejumlah 170  paket daging kurban dibagikan kepada keluarga warga binaan, pensiunan Pegawai Lapas Pangkalpinang dan masyarakat yang berada disekitar.

Dalam firman Allah  subhanahu wa ta”ala dalam Al-Qur’an surah Al-Haji ayat  28 dan 36, memerintahkan untuk memberi makan kepada orang fakir miskin dari daging hewan kurban.

Serta terdapat juga dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Pengawetan dan pendistribusian daging kurban dalam bentuk olahan. Salah satu dalam fatwa agar manfaat dan tujuan penyembelihan hewan kurban dapat terealisasi yaitu, kebahagiaan bersama dengan menikmati daging kurban. Serta untuk memenuhi hajat orang yang membutuhkan didaerah terdekat.

Pada moment tersebut Kasi Pembinaan / Anak didik Adam Ridwansyah menyampaikan bahwa “daging kurban untuk seluruh warga binaan yang  ada di Lapas Pangkalpinang sudah kami salurkan dengan memasak dan diolah terlebih dahulu kemudian dibagikan bersamaan dengan pembagian makan pagi, siang dan sore”.

Kebahagiaan keluarga warga binaan pun terlihat dalam raut wajah bahagia dan terharu ketika mereka menerima daging kurban.

Salah satu Keluarga warga binaan, ibu Ningsih menyampaikan 
“Alhamdulillah terimakasih bapak kalapas atas daging kurban yang telah kami terima semoga Lapas Pangkalpinang dibalas kebaikannya oleh Allah subanahu wa ta’ala”.

Kebahagian juga dirasakan oleh para pensiunan pegawai Lapas Pangkalpinang, pada kesempatan ini Bapak Sumantri salah satu pensiunan mengatakan “bersyukur dan berterimakasih atas kepedulian pihak Lapas kepada kami para pensiunan, semoga Lapas Pangkalpinang semakin baik”

Terakhir moment terharu juga dirasakan oleh masyarakat sekitar merasa bersyukur mendapat daging kurban.

Ibu Sani salah satu warga bermukim disekitar Lapas Pangkalpinang menyambut hangat kedatangan para pegawai Lapas Pangkalpinang, mengucapkan

“terimakasih atas Penyaluran  daging qurban yang diberikan kepada saya. Insyaallah ini dapat kami masak semoga barokah,” ujar nya.

Selesai pelaksanaan kegiatan Kalapas Pangkalpinang Badarudin menyampaikan apresiasi kepada jajarannya.
“Alhamdulillah terimakasih kepada petugas pengamanan, panitia pelaksana, dan seluruh jajaran dengan terciptanya situasi aman dan kondusif dalam penyelenggaraan kegiatan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah / 2023  Masehi, mulai dari pelaksanaan sholat Idul Adha, penyembelihan hewan kurban diteruskan dengan pembagian daging kurban”.

“Hal in merupakan implementasi Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-1089.PK.08.05 Tahun 2023 Tentang : Peningkatan Kewaspadaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah” pungkas Badarudin menutup pembicaraannya.
(**)

2 komentar pada “Momen Idul Adha, Lapas Pangkalpinang Bagikan Daging Kurban ke WBP dan Warga Sekitar

  • Lapas kelas II A Pangkalpinang melayani masyarakat dengan Hati dan selalu memberikan pelayanan terbaik.
    Terima kasih Bapak Badarudin, Kepala Lapas Kelas II A Pangkalpinang.

    Balas
  • Lapas kelas II A Pangkalpinang selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
    Terima kasih Bapak Badarudin, Kepala Lapas Kelas II A Pangkalpinang.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *