BeritaDaerahKesehatanNasionalPendidikan

102 Kontingen Babel Siap Ikuti Jumbara PMR Nasional IX 2023

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Sebanyak 102 peserta kontingen Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) resmi dilepas Penjabat (Pj) Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu untuk mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Nasional IX 2023 di Ruang Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Jumat (30/6).

Kontingen tersebut akan mengikuti kegiatan PMR seluruh Indonesia di Taman Agro Wisata Way Handak, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada tanggal 2 hingga 10 Juli 2023.

“Tunaikan tugas ini sebagai duta Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan baik dan diiringi rasa gembira. Jika hati gembira dan ikhlas, maka apa yang sudah dipelajari dan dilatih akan lebih maksimal dikeluarkan saat berlaga di arena Jumbara Nasional,” ucap Pj Gubernur Suganda dalam sambutannya.

Pj Gubernur Suganda juga mengaku bangga kepada para kontingen, karena putra-putri terpilih ini telah mengikuti berbagai tahapan seleksi. Mulai dari tingkat PMR kabupaten/kota hingga tingkat provinsi.

Oleh karenanya, dirinya berpesan agar mereka senantiasa untuk memupuk semangat jiwa sukarel, untuk disebarkan dan ditularkan kepada segenap masyarakat.

Menurutnya, PMR sebagai cikal bakal generasi penerus PMI harus selalu di perhatikan dan dikembangkan di tiap tiap sekolah, agar tertanam jiwa yang peka terhadap sesama, rela berkorban dan peduli terhadap diri dan lingkunganya termasuk terhadap teman sebaya.

“Jangan lupa jaga kesehatan karena kegiatan di daerah yang jauh dari rumah, dan dipenuhi jadwal yang padat tentu akan menguras banyak energi. Patuhi semua arahan dari pendamping dan pesan guru-guru kalian dan juga orang tua,” pesannya.

Ia juga berharap kepada kontigen untuk menjaga nama baik, termasuk mempromosikan Provinsi Kepulauan Babel.

“Ajak kawan dari luar provinsi bahkan luar negeri agar berkunjung ke Bangka Belitung,” pesannya.

Jumbara PMR merupakan forum perjumpaan dengan sesama remaja, berbakti kepada masyarakat serta bergembira. Selama Jumbara dilaksanakan berbagai macam kegiatan mulai anjangsana dan tukar hasil karya, life skill station, konferensi PMR, disiminator cilik, sarasehan jumtek, kemudian bakti sosial, traveling kepalangmerahan, bakti sosial seperti penghijauan, hingga simulasi pertama pelayanan kesehatan.

Dikatakan Aswandi selaku Sekretaris PMI Provinsi Kepulauan Babel, bahwa diadakannya Jumbara Nasional ini bertujuan agar anggota PMR saling berbagi pengetahuan, memiliki sikap dan keterampilan, menjalin persahabatan serta menumbuhkan kegembiraan sesuai karakter remaja.

“Kontingen ini terdiri dari perwakilan dari PMR Kabupaten/Kota se-Babel, dengan jumlah 102 orang,” jelasnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *