NasionalBeritaDaerah

Empat Rumah Ibadah di Babel dan Kepulauan Riau Terima Bantuan PT Timah Tbk

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

PT Timah Tbk menyalurkan program bantuan Corporate Social Responsibility untuk membantu pembangunan rumah ibadah di wilayah operasional PT Timah Tbk.

Pada Juni 2023, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan kepada empat rumah ibadah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau.

Empat rumah ibadah yang mendapat bantuan dari anggota holding industri pertambangan MIND ID adalah Masjid Nur Hidayah di Desa Katis Kabupaten Bangka Tengah, Masjid Al Barkah Sijuk, dan Surau Istiqomah di Kabupaten Belitung dan Surau Baitul Ana Dusun IV Desa Perayun, Kecamatan Kundur Utara.

Kepala Surau Istiqomah Dedi Sutrisno mengatakan, pembangunan surau mereka terkendala anggaran, apalagi letak surau yang cukup jauh dari jalan raya sehingga tidak banyak orang yang mengetahui adanya surau di lokasi tersebut.

Dedi menjelaskan jemaah yang salat di surau cukup ramai, terutama saat salat Maghrib, Isya. Maka mereka berinisiatif membangun kembali surau ini untuk meningkatkan daya tampung jemaah.

“Kami memperluas bangunan kami, dan kami mengembangkannya ke satu sisi, termasuk pembangunan tempat wudhu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pembangunan Baitul Surau Ana Parmin mengatakan, pembangunan surau ini sudah berlangsung lama, namun terkendala untuk melanjutkannya karena keterbatasan dana. Selama ini pembangunan hanya mengandalkan dana swadaya dari masyarakat.

“Pembangunan ini sebenarnya sudah lama dilakukan, namun karena keterbatasan biaya, kami mengerjakan sesuai dengan dana yang terkumpul dari swadaya masyarakat,” kata Parmin.

Menurutnya, mereka akan menggunakan bantuan dari PT Timah Tbk untuk pembangunan tempat wudhu. Sehingga dapat memudahkan jamaah yang ingin beribadah di mushola ini.

“Saya selaku ketua pelaksana kegiatan pembangunan Surau Baitul – Ana Dusun IV Ujung Baru Desa Perayun mewakili Manajemen dan Masyarakat mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan perhatian PT Timah terhadap kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Ridwan mengatakan, bantuan dari PT Timah Tbk akan digunakan untuk membuat tempat parkir di masjid mereka.

“Lokasinya yang memiliki kontur tanah yang landai sedikit menyulitkan kami untuk merealisasikan lahan parkir ini karena membutuhkan dana yang cukup besar untuk temboknya. Dengan bantuan dari PT Timah dan donatur lainnya insyaallah lahan parkir ini akan lebih cepat selesai,” kata Ridwan.

Ditambahkan Ridwan, mesjid mereka juga menjadi tempat pemberangkatan jemaah dari kecamatan Simpang Katis, sehingga akan sangat ramai dan seringkali hanya bersandar di bahu jalan karena tidak ada tempat parkir.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, cita-cita kita untuk memiliki tempat parkir bisa terwujud. Tentunya ini juga untuk kenyamanan jamaah dan juga kenyamanan pengguna jalan juga, apalagi pernah terjadi kecelakaan lalu lintas tunggal di jalan tersebut. kawasan masjid ini,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *