BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Peringatan Keras! Ketua BK DPRD Babel Minta Hellyana Mundur dari Rangkap Jabatan

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Bangka Belitung (DPRD), Ariyanto kembali mengingatkan, agar Politisi PPP Hellyana untuk meninggalkan rangkap jabatan yang telah diembannya terlebih dahulu, sebelum diusulkan sebagai Pelaksana tugas (Plt) Pimpinan DPRD Babel.

Pasalnya menurut Ariyanto, rangkap jabatan yang saat ini diemban oleh Hellyana telah terbukti melanggar aturan yang telah ditetapkan.

“Buk Helllyana kita tau merangkap jabatan dan itu bertentangan dengan PP Nomor 12 tahun 2018, oleh karna itu kemarin saya mengingatkan kepada pimpinan, agar buk Hellyana ini tidak boleh rangkap jabatan, otomatis dia harus mengundur diri dari jabatan yang dia emban, baru surat usulan ke Kemendagri itu di proses,” tegas Ariyanto, Rabu (12/07/2023).

Sebagai informasi, Politisi PPP Hellyana saat ini diketahui merangkap dua jabatan sekaligus yakni Wakil Ketua Komisi IV DPRD Babel dan Ketua Bapemperda DPRD Babel, tentu hal ini mengangkaki aturan yang telah ditetapkan.

Selain itu, berdasarkan keputusan DPRD Babel Nomor 188.4/7 /DPRD/2023 tentang pengusulan pelaksana tugas Wakil Ketua DPRD Babel, pelaksana tugas (Plt) pengganti Wakil Ketua DPRD Babel Hendra Apollo, diusulkan sebagai Plt, Anggota DPRD Babel dan Ketua Fraksi Golkar di DPRD Babel, Heryawandi.

Kemudian, Anggota Komisi IV DPRD Babel,  Hellyana dari PPP yang diusulkan menjadi Plt Wakil Ketua DPRD Babel, menggantikan Amri Cahyadi.

Lanjut, Ariyanto juga menyarankan, agar usulan PAW Plt Pimpinan DPRD Babel untuk tidak diserahkan ke Kemendagri terlebih dahulu, sebelum Hellyana mengundurkan diri rangkap jabatannya saat ini.

“Sekarang di Paripurna diusulkan jadi Plt Pimpinan, yang lama aja dia belum mundur kok mau diusulkan Plt Pimpinan?, jadi rangkap jabatannya alangkah banyaknya sedangkan di PP nomor 12 tahun 2018 tidak mengizinkan itu,” tegasnya.

“Dia (Hellyana) harus milih, maka saya sarankan supaya Hellyana mengundurkan diri baru usulan itu di proses dan kemudian dilanjutkan ke Kemendagri, usulan saya seperti itu kemarin,” sambung Ketua BK ini.

Dirinya juga mengatakan, sebelumnya pihak BK juga sudah melayangkan surat peringatan ke Pimpinan DPRD Babel, atas rangkap jabatan yang diemban oleh Hellyana dan sudah menerima balasan atas surat tersebut.

Namun, menurut Ariyanto, pihak Hellyana tak memberikan respon apapun atas surat teguran yang dilayangkan itu.

“Tebusannya ada di kita, tapi dari yang bersangkutan gak ada reaksinya, jadi saya anggap sampai hari ini dia (Hellyana-red) belum mengundurkan diri, karna belum ada kami terima di BK,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam rapat rapat Paripurna penyampaian usulan pelaksanaan tugas Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Selasa (11/7/2023) kemarin.

Hellyana memberikan respon positif atas usulan yang disampaikan tersebut. Dirinya juga menegaskan, telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada pimpinan DPRD Babel agar rangkap jabatan itu dapat dikocok ulang.

“Dari surat pemberian usulan, kami juga sudah memberikan surat misalkan di komisi IV siapa yang mengganti, di Bapemperda siapa yang akan mengganti, yang jelas kami sudah bersurat, nanti terserah di paripurna memutuskannya seperti apa,” tutupnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *