BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Fraksi Demokrat Semprot OPD Pemprov, Bakuda Aman

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Tujuh fraksi di DPRD Bangka Belitung (Babel) menyetujui Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2022 dalam rapat Paripurna untuk disahkan, Jumat (11/8).

Kendati begitu, persetujuan fraksi sendiri penuh dengan catatan yang diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diantaranya berkenaan perencanaan kegiatan, temuan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) yang tak sama hingga persoalan pendapatan retribusi OPD yang rendah.

Dimana hal itu dikemukakan dalam pandangan akhir Fraksi Partai Demokrat melalui juru bicaranya, Ranto Sendhu. Khususnya dalam persoalan pendapatan retribusi rendah tersebut.

Tak tanggung-tanggung, kritikan keras dilayangkan fraksi Demokrat kepada OPD yang dinilai belum memaksimalkan kewenangan penarikan retribusi yang merupakan bagian pemasukan PAD.

“Kami sayangkan tidak ada target retribusi yang memuaskan, kecuali satu OPD yakni Bakuda (Badan Keuangan Daerah) yang realisasi pendapatannya melebihi target,” kata Ranto.

Dirinya juga menyinggung, sedikitnya sumbangsih untuk pendapatan daerah tidak sebanding dengan pengajuan anggaran besar untuk program/kegiatan OPD ketika memasuki pembahasan anggaran yang baru.

“Jadi (OPD) jangan hanya bisa menganggarkan anggaran yang besar, istilah (Bangka) itu jangan hanya pacak belanje tapi dak pacak ngasel duit (bisa belanja tapi tidak bisa menghasilkan uang),” tegas Wakil Ketua Komisi II DPRD Babel ini.

Di sisi lain, Fraksi Demokrat juga masih banyak menemukan masalah besarnya SILPA di tahun 2022  di setiap OPD. “Seperti yang kita pahami bersama besarnya SILPA ini, dapat mengindikasikan adanya permasalahan dalam perencanaan, bisa jadi kurang matang atau lemahnya dalam pelaksanaan anggaran,” ungkap Ranto.

Dalam kesempatan ini, pihaknya meminta kiranya Pj Gubernur dapat menemukan solusi yang terbaik agar masalah ini tidak terjadi lagi di tahun-tahun mendatang. “Ini sangat penting dalam rangka perbaikan, kami juga memandang pentingnya komunikasi dan koordinasi yang baik dengan legislatif,” imbuhnya.

Terpisah, Pj Gubernur Babel Suganda tak menampik masih banyak kekurangan dan kelemahan pengelolaan keuangan di tahun 2022 baik itu yang bersifat administratif maupun teknis.

“Hal-hal yang khusus yang menjadi catatan setiap fraksi di DPRD akan kami jadikan bahan masukan dalam mengambil langkah-langkah selanjutnya guna memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut dalam pengelolaan keuangan daerah pada masa selanjutnya,” ungkap Suganda.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *