BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Keakraban Pj Gubernur Suganda Terasa Hingga ke Staff di Rumdin : Sering Makan dan Nonton Bareng

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Siapa sangka dibalik sifat tegas dan idealis Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu memimpin pemerintahan provinsi, ternyata memiliki sisi humanis.

Bahkan sikap itu tak hanya ditunjukkan kepada bawahannya di perangkat daerah, tetapi juga turut dirasakan para staf yang mengurus rumah dinas yang dihuni oleh Sekjen Ombudsman RI ini bersama sang istri, Maya Krista Sidabutar.

Demikian hal itu diakui oleh Sub Koordinator Rumah Tangga Biro Umum Setda Babel, Ari Irawan, ketika dibincangi Beritacmm.com, Jumat (18/8).

“Bapak dan ibu tidak pernah sungkan bercengkrama serta makan satu meja. Malahan yang bantu-bantu di rumah juga diajak untuk makan bareng,” terang Ari.

Diakui Ari, sejak resmi menjabat Pj Gubernur pada 31 Maret 2023, kehidupan sehari-hari Suganda bersama sang istri lebih banyak berada di Babel. Bahkan rumah dinas dapat dikatakan menjadi tempat pertama mengawali perjalanan baru Suganda sebagai orang nomor satu di Babel.

Oleh sebabnya, lanjut Ari, Suganda beserta keluarga sangat akrab dengan para staf berada di rumah dinas Gubernur. Baik para ajudan yang setia menemani, driver, petugas Satpol PP dan yang lainnya. 

Bahkan di saat waktu lenggang, Suganda dan Maya juga sering mengajak para orang-orang terdekat ini untuk menonton film di bioskop sekedar menghabiskan hari libur dan kepenatan para staf.

“Ibu itu sangat perhatian sekali, setiap pulang dari luar kota mereka pasti dibawakan buah tangan dari bapak dan ibu. Tapi terkadang hal-hal tersebut tidak pernah nampak di permukaan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, menurut Ari, keduanya juga sangat toleran terhadap sesama umat beragama, terlebih Suganda. Pada saat masuk waktu sholat, Suganda merupakan orang pertama yang mengingatkan para stafnya menunaikan ibadah. Di samping itu juga, Suganda tak pernah memandang latar belakang seseorang untuk diterimanya sebagai tamu ke rumah dinas.

“Di rumah dinas, segala hiasan kaligrafi bernuansa Islam masih terpanjang rapi. Jadi tidak benar jika ada yang bilang beliau meminta dimasakin makanan yang tidak halal. Beliau sangat toleran, beliau birokrat yang paham dengan nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan,” tutur Ari.

Sementara itu, Kepala Biro Umum Setda Babel Burhanuddin mengungkapkan, bahwa sudah menjadi komitmen bagi bironya menjalankan tugas dan fungsinya dengan bertanggungjawab. Salah satunya itu, memastikan pelayanan maksimal terhadap kebutuhan orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi Babel.

Baik itu kepemimpinan yang dijabati oleh Penjabat Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu saat ini, maupun di kepemimpinan yang sebelumnya. Tak ada yang dibedakan. Disebutkan Burhan, semua yang menjadi kebutuhan Pj Gubernur sudah sesuai dengan alokasi anggaran.

“Berikut makan minumnya, kita pastikan segala kebutuhan itu. Kita beri fasilitas maupun atribut itu sesuai dengan yang dianggarakan berdasarkan ketentuan yang ada,” jelasnya.

Burhan menilai, hal ini perlu disampaikan pihaknya agar tidak anggapan lain terkait anggaran tersebut. “Bahkan beliau dengan tegas, apa yang menjadi kebutuhan maupun fasilitas yang ada harus dari APBD, bukan dana-dana yang tidak jelas,” sebutnya.

(JK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *