BeritaDaerahNasional

Lahan Eks Tambang Kembali Ditanami Pohon, Kapolda Berikan Warning Kepada Penambang Illegal

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia, Polda Bangka Belitung melakukan kegiatan penanaman bibit pohon di lahan eks tambang, tepatnya di belakang Kantor BLK Pemprov Babel, Rabu (23/08/2023).

Mengangkat tema ‘Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini’, sebanyak 10.000 bibit pohon dengan berbagai macam jenis ditanam di Bumi Serumpun Sebalai, yang tersebar seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Babel.

Dalam sambutannya, Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra mengatakan, kegiatan penanaman pohon kali ini merupakan salah satu bentuk gerakan mengisi dan memaknai kemerdekaan Republik Indonesia, karena dapat membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan bersama dalam menjaga bumi dari pemanasan global dan perubahan iklim yang kian hari kian mengkhawatirkan.

“Hutan, lahan, dan lingkungan yang ada di Bumi Serumpun Sebalai wajib kita lestarikan bersama agar tetap terjaga dengan baik dan memberi manfaat untuk kehidupan kita bersama,” kata Yan Sultra, saat ditemui usai kegiatan, Rabu (23/08/2023).

Lanjut Kapolda, banyak manfaat yang bisa diraih dari penanaman pohon tersebut, salah satunya yakni membuat tanah tetap kokoh, memelihara ketersediaan sumber daya air dan juga bisa mencegah terjadinya erosi tanah.

“Manfaat lainnya, melestarikan pohon endemik Indonesia yang bisa dijadikan lahan pertanian. Menjaga ekosistem alam, mengurangi efek dari pencemaran udara dan global warming dan melestarikan sumber daya alam yang sudah ada di hutan/lahan dan meningkatkan produktivitas guna membantu peningkatan perekonomian masyarakat,” jelas Jendral Bintang Dua ini.

Pada kesempatan ini, Kapolda Babel juga menekankan kepada seluruh pihak untuk tidak melakukan kembali kegiatan penambangan Illegal di kawasan yang sudah di tanami bibit-bibit pohon, termasuk juga kawasan hutan lindung, fasilitas umum, tempat wisata dan lahan yang berpotensi terjadinya konflik sosial masyarakat.

Dirinya juga meminta masyarakat untuk tidak takut melapor, apabila memang ditemukan adanya aktivitas penambangan Illegal di kawasan yang telah disebutkan itu.

“Segera laporkan, dan akan kita tindak tegas dan proses hukum. Itu komitmen saya sebagai Kapolda Kepulauan Bangka Belitung,” tegasnya.

Terakhir, dirinya juga tak lupa memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder yang terlibat dan berharap dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat.

“Dengan kegiatan yang kita laksanakan ini bukan hanya sekedar seremonial semata, namun dapat memberi manfaat nyata serta dapat mendorong masyarakat untuk peduli terhadap penghijauan baik di areal yang sudah rusak ataupun lingkungan sekitar,” pungkas Irjen Pol Yan Sultra.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *