BeritaDaerahNasional

PT Timah Tbk Raih Dua Penghargaan di Top GRC Awards 2023

Bagikan Berita

JAKARTA,BERITACMM.COM

PT Timah Tbk meraih dua penghargaan pada Top GRC (Governance, Risk, and Compliance) Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Top Business pada acara Puncak Top GRC Awards 2023 di Raffles Hotel Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Dua penghargaan berhasil diraih PT Timah Tbk yaitu Top GRC Awards 2023 4 Stars dan The Most Commited GRC Leaders 2023 yang diberikan kepada Direktur Utama PT Timah Tbk Ahmad Dani Virsal. 

GRC Awards 2023 merupakan apresiasi terhadap institusi/perusahaan yang unggul dalam penerapan tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan. Ada empat pilar tata kelola yang dinilai, yaitu perilaku etis, transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan. 

GRC Awards 2023 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan sejak Top Business 2019, tema tahun ini adalah Building Resilient Future Through ESG (Environment, Social, and Governance) dan GRC.

Top GRC Award juga melibatkan juri dari Asosiasi GRC Indonesia, Ikatan Profesi Manajemen Risiko Indonesia, Lembaga Profesi Kepatuhan Indonesia, dan Asosiasi Profesi Tata Kelola Indonesia, serta dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Bandung. 

Ketua Penyelenggara Top GRC Awards 2023 M. Lutfi Handayani mengatakan Top GRC Awards merupakan penilaian dan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berkinerja baik dan menerapkan GRC yang efektif dan berkualitas dalam mengelola bisnisnya. 

Artinya melalui kegiatan Top GRC Awards 2023, terdapat keinginan untuk terus mendorong pengembangan ketahanan bisnis di masa depan, melalui pendekatan ESG dan prinsip-prinsip GRC. 

“Penerapan ESG dan GRC mengarah pada kinerja bisnis perusahaan. terus tumbuh secara berkelanjutan,” kata M. Lutfi Handayani. 

Lutfi menambahkan, selain penilaian dan pemberian penghargaan, juga ada aspek pembelajaran bersama bagi perusahaan peserta karena juga diadakan Webinar Top GRC Awards dan GRC Summit.

“Selamat kepada perusahaan yang meraih penghargaan ini, semoga semakin memotivasi manajemen dan internal perusahaan untuk terus meningkatkan kinerja bisnis berkelanjutan,” ujarnya. 

Ketua Juri Top GRC Awards 2023 Antonius Alijoyo mengatakan, ada beberapa proses penilaian yang dilakukan seperti wawancara mendalam dan komitmen top level manajemen dalam penerapan GRC.

Ia mengatakan, semakin efektif penerapan GRC, maka kinerja bisnis perusahaan di Indonesia akan tetap aman dan tumbuh dengan baik. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat dan investor, baik dari dalam maupun luar negeri, akan tetap terjaga, bahkan meningkat.

“Kami memberikan apresiasi kepada direksi dan komisaris yang hadir pada saat wawancara penjurian. Karena ini juga menunjukkan tingginya komitmen top level manajemen dalam penerapan GRC di perusahaan. Penilaian kami lakukan secara kolektif dalam Sidang Pleno Dewan Juri dengan menilai kelengkapan hasil GRC. sistem, infrastruktur dan aspek implementasi GRC. Termasuk output kinerja bisnisnya,” kata Antonius.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Abdullah Umar mengatakan penghargaan tersebut menjadi motivasi perusahaan untuk terus melanjutkan komitmen penerapan GRC.

“Keberhasilan PT Timah Tbk meraih penghargaan ini tidak lepas dari komitmen kuat manajemen dalam menerapkan prinsip GRC (governance, risk, dan compliance) sebagai landasan penerapan proses bisnis perusahaan,” kata Abdullah.

Abdullah mengatakan, perseroan juga berkomitmen memperhatikan konsep komprehensif dalam mengintegrasikan implementasi GRC yang bertujuan untuk mengidentifikasi seluruh risiko yang terkait dengan rutinitas perusahaan yaitu aspek Environment, Social, dan Governance (ESG) dalam menjalankan proses bisnis.

“PT Timah Tbk juga berupaya menerapkan kebijakan tata kelola terintegrasi dan penerapan manajemen risiko di seluruh lini bisnis Perusahaan,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *