BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Babel Masih Kekurangan Ribuan Lampu Penerangan Jalan

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Lampu penerangan jalan umum (PJU) yang berfungsi dalam memberikan pencahayaan buatan bagi pengguna jalan sehingga dapat merasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan di malam hari memang sangat dibutuhkan dalam suatu daerah. Tak terkecuali di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)

Namun sayangnya, untuk Babel sendiri masih sangat kekurangan sekali akan jumlah lampu penerangan jalan umum ini.

Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Babel Asban Haris, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (18/09/2023).

“kebutuhan 14 ribu unit LPJ itu untuk jalan provinsi, dengan jarak lampu penerang jalan itu 50 meter, dipasang di daerah yang ada jaringan listrik, yang ada penduduknya. Tapi kalo dia antara desa ke desa ada hutan tidak jaringan gak ada (tidak dipasang),” kata Asban.

Terkait daerah yang memiliki jaringan listrik guna menopang pemasangan LPJ tersebut, dikatakan Asban, saat ini diperkirakan hanya sekitar 20-30 persen saja. Yang artinya hanya sekitar 4000 unit LPJ yang baru bisa dipasangkan di Babel. “Kalau ada dana kita pasang,” ungkapnya.

Sementara itu, hingga saat ini, sebanyak 503 unit LPJ telah terpasang di Babel, dengan demikian masih sekitar 3000-an LPJ lagi yang diperlukan.

Kendati begitu, lanjut Asban, Dishub Babel bakal mengupayakan pemasangan LPJ di jalan menuju Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP), agar jalan daerah tersebut terang sehingga dapat memudahkan masyarakat yang melewati jalan tersebut.

“Rencana kami mengusahakan ke rumah sakit itu, dengan PLN menyiapkan jaringannya, jangan sampai ke rumah sakit itu gelap,” ujarnya.

(Jek)

Sumber foto : Grids.Id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *