BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Pemilihan Pimpinan AKD Mandek, Heryawandi Singgung Adanya Ego Kekuasaan Fraksi

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Usai sempat tertunda untuk beberapa waktu, DPRD Bangka Belitung (Babel) kembali menjadwalkan pemilihan untuk tiga posisi pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Penjadwalan itu disepakati dalam rapat Badan Masyawarah (Banmus) DPRD Babel, yang di pimpin langsung oleh Plt Wakil Ketua DPRD Babel Heryawandi dan Hellyana, Jumat (29/09/2023).

Sebagai informasi, pengisian posisi Ketua Komisi I, Wakil Ketua Komisi IV dan Ketua Badan Pemmbentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) lewat jalur pemilihan tersebut sempat tertunda dilaksanakan.

Kepada Berita CMM, Heryawandi mengatakan, bahwa pemilihan pimpinan AKD ini sudah urgensi dan harus segera dilaksanakan, apabila terus berlarut maka dikhawatirkan akan mengganggu kinerja DPRD Babel.

Dirinya pun memastikan, pemilihan AKD nanti akan tetap berpedoman pada koridor tata tertib (Tatib) DPRD Babel yang telah ditetapkan.

“Makanya ini harus diisi. Dan menurut tata tertib itu bisa diisi dan pilih oleh AKD yang bersangkutan nanti. Komisi I, Komisi IV dan Bapemperda,” jelas Heryawandi usai rapat.

Selain itu, dikatakan Heryawandi, mandeknya pemilihan AKD ini juga disinyalir adanya ego dari masing-masing fraksi. Terkhususnya bagi fraksi yang sempat menduduki kursi pimpinan tiga AKD tersebut.

Maka dari itu, Dia meminta kepada seluruh fraksi di DPRD Babel agar dapat mengedepankan kebersamaan ketimbang ego dan kekuasaan masing-masing, sehingga posisi pimpinan AKD dapat segera mungkin untuk diisi.

“Ya kalau toh ada di sebelum-sebelumnya, kita Insya Allah ke depan tidak seperti itu. Yang ingin kita kedepankan adalah kebersamaan, bukan ego dan kekuasaan,” ungkapnya.

“Jadi siapapun dan dari mana pun selama itu untuk membangun kinerja, saya pikir tidak ada persoalan,” timpal Heryawandi lagi.

Diketahui posisi Ketua Komisi I DPRD Babel sebelumnya dijabati almarhum Nico Plamonisa Utama dari Fraksi Demokrat, sementara posisi Wakil Ketua Komisi IV dan Ketua Bapemperda diduduki Heliyana yang kini menjabat Plt Wakil Ketua DPRD Babel.

Lebih jauh, tindak lanjut Banmus ini, lanjut Heryawandi, akan dirapatkan kembali pada rapat pimpinan DPRD Babel di awal Oktober 2023 mendatang.

“Setelah pemilihan baru kita umumkan di paripurna, baru sah,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *