NasionalBeritaDaerahEkonomi Bisnis

Manfaatkan Program PUMK PT Timah Tbk, Bisnis Terasi Hamid Bisa Perluas Pemasarannya ke Daerah Lain

Bagikan Berita

SAWANG,BERITACMM.COM

Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) PT Timah terus membantu UMKM di wilayah operasional perusahaan untuk mengembangkan usahanya. 

Tak hanya itu, melalui program PUMK PT Timah Tbk dengan bantuan permodalan dan pembinaan mendorong UMKM mandiri, menciptakan lapangan kerja, dan memiliki daya saing. 

Salah satu mitra binaan PT Timah Tbk, Hamid yang merupakan nelayan Gumbang mengatakan, usaha pembuatan terasi miliknya berkembang cukup baik setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk. 

Beliau memulai usaha pembuatan terasi 10 tahun lalu. Sebagai seorang nelayan, ia memanfaatkan hasil tangkapannya sebagai bahan baku pembuatan terasi, sehingga ia tidak kesulitan mencari bahan bakunya. 

Setelah beberapa tahun menjalankan usaha pembuatan terasi ini, Hamid dan istrinya ingin mengembangkan usaha pembuatan terasi tersebut agar bisa dipasarkan ke luar pulau, Namun mereka terkendala modal. 

Berbagai upaya dan upaya dilakukan Hamid untuk mencari informasi program pendanaan yang dirasa tidak memberatkan dan akan membantu berkembangnya usahanya. 

Namun ia bersyukur ketika mengetahui program PUMK PT Timah Tbk sehingga ia percaya diri memanfaatkan program tersebut untuk mengembangkan usaha pembuatan terasinya. 

“Alhamdulillah setelah mendapat bantuan dan penjelasan, saya mengajukan proposal dan bersyukur bisa membantu program ini,” ujarnya. 

Setelah mendapat tambahan modal dari PT Timah Hamid dan istri mulai meningkatkan produksi terasi. “Saya memanfaatkan suntikan modal dari PT Timah untuk membeli udang dari nelayan setempat untuk bahan baku pembuatan terasi dan kami mampu meningkatkan produksi terasi,” ujarnya. 

Produk terasi buatan Hamid memiliki cita rasa yang khas dan disukai masyarakat Kundur sehingga terasi buatannya sering laris manis.

Dengan bertambahnya jumlah produksi, mereka pun melebarkan sayap untuk memperluas jangkauan pemasaran, seperti menjangkau Pulau Moro, Durai, dan sekitarnya. 

Menurut Hamid, program PUMK PT Timah sangat baik dan mendukung masyarakat dan UMKM, karena selain kemudahan proses administrasinya juga banyak kemudahannya. 

“Kami berharap Program PUMK PT Timah terus membantu masyarakat khususnya pelaku usaha kecil agar mampu berkembang dan bersaing,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *