BeritaDaerahKriminalNasionalPemerintahan

Laporan Masyarakat Atas Penyerobotan Lahan Diduga ‘Jalan Ditempat’, Beliadi Angkat Bicara!

Bagikan Berita

BELITUNG,BERITACMM.com

Belasan masyarakat Kabupaten Belitung khususnya warga Desa Perpat, Kecamatan Membalong mengungkapkan kekesalannya terhadap pihak aparat penegak hukum.

Pasalnya, surat laporan atas dugaan penyerobotan tanah oleh pihak PT Foresta Dwikarya Lestari yang dilayangkan pada 4 Oktober 2023 lalu, hingga saat ini belum juga ditanggapi.

Demikian hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung (Babel) Beliadi kepada Beritacmm.com, usai mendengar keluhan warga secara langsung dalam kegiatan Sosialisasi Penyebarluasan Perda, yang berlangsung di Desa Sp Rusa, Minggu (29/10) kemarin.

“Warga melapor kalau laporan mereka ke Polres Belitung tidak di proses terkait penyerobotan lahan masyarakat, padahal laporan ini sudah disampaikan tanggal empat oktober lalu,” kata Beliadi, Senin (30/10/2023).

IMG 20231030 WA0075

Lanjut Beliadi, masyarakat juga menduga aparat penegak hukum tidak cukup memiliki integritas dan keberanian untuk memproseskan laporan tersebut.

“Bisa jadi kong kali kong, bisa jadi ada tekanan dari atas, yang jelas sampai saat ini  belum di gubris laporan kami (warga-red), hal itu juga dibenarkan oleh kuasa hukum masyarakat yakni Wandi SH,” jelas Beliadi, menirukan ucapan salah satu masyarakat Desa Aik Gede dan Sp Rusa.

Mendengar laporan masyarakat tersebut, Beliadi menegaskan akan mengecek langsung laporan itu ke Polres Belitung. Nantinya apabila memang betul tidak ditanggapi, dirinya akan segara melaporakan hal tersebut ke Kapolda Babel.

“Jika belum juga diindahkan (laporan) nanti saya hadap Kapolda Babel untuk minta penjelasan dan saya juga berharap masyarakat untuk tetap tenang,” tegas Politisi Partai Gerindra Dapil Belitung Timur ini.

Lebih lanjut, dirinya juga meminta doa dari setiap warga, agar perselisihan masyarakat dan pihak PT Foresta Dwikarya Lestari yang saat ini sedang ditangani oleh Pansus Stabilitas Harga TBS dan Perizinan Perkebunan Sawit DPRD Babel dapat menemui titik terang serta dapat memberikan kembali hak-hak masyarakat yang saat ini belum didapatkan.

“Dan untuk hal-hal lain terkait PT Foresta dan PT Perkebunan lain yang sedang di urus pansus, mohon masyarakat kawal dan doakan agar pansus ini optimal dalam bekerja,” pungkas Wakil Ketua DPRD Babel.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *