BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Gelar Apel Siaga, Bawaslu Ajak Seluruh Elemen Jadikan Pemilu Sebagai Cermin Demokrasi Sejati

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan Apel Akbar terkait kesiapan pengawasan tahapan kampanye Pemilu tahun 2024, di GOR Sahabudin Kota Pangkalpinang, Kamis (23/11/2023).

Kegiatan ini sendiri turut diikuti oleh seluruh Bawaslu di 7 Kabupaten/Kota di Babel, Panwascam Se-Babel 141 kecamatan dan perwakilan dari PKS se-Kota Pangkalpinang.

Kepada awak media, Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar mengungkapkan, bahwasannya hal ini merupakan komitmen pihaknya untuk senantiasa menjaga setiap tahapan agar berjalan dengan lancar.

“Dan juga pesta Demokrasi pas puncaknya ada 14 Februari nanti berjalan dengan langsung, jujur dan bebas dari rahasia,” kata Osykar.

Lanjut Osykar, pihaknya saat ini juga sedang melakukan tahapan pengawasan logistik. Yang dimana sejauh ini belum ditemukan adanya dugaan pelanggaran dan masih berjalan dengan baik seperti yang diharapkan.

“Kalo dari lapangan mungkin ada beberapa informasi yang masih kita telurusi untuk informasi awalnya. Untuk temuan DCT tidak ada gugatan sengketa yang harus kita tindaklanjuti, begitu juga di Kabupaten/Kota berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Sementara itu, Osykar juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Bawaslu di seluruh Babel untuk tidak berhenti melakukan konsolidasi di internal dan bangun komunikasi ke pihak luar dengan baik.

Selain itu yang tak kalah penting, menurut Osykar, seluruh anggota Bawaslu tidak pernah takut dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas.

“Karena kita melaksanakan perintah berdasarkan Undang-Undang bukan berdasarkan yang lain, kita bersama-sama memiliki tanggung jawab untuk menjaga suara-suara rakyat agar tidak terdistorsi oleh kepentingan-kepentingan yang tidak sejalan dengan semangat demokrasi. Dan hari berjuang agar suara rakyat menjadi kekuatan yang legitimate berdasarkan pilihan rakyat itu sendiri,” tegas Ketua Bawaslu Babel, dalam sambutannya.

Dia juga berpesan kepada seluruh jajaran, untuk dapat bekerja sebaik-baiknya sehingga tidak ada masyarakat Bangka Belitung yang terjerat dalam pelanggaran pada tahapan pemilu nanti.

“Melalui pengawasan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, mari bersama-sama menjadikan pemilu ini sebagai cermin demokrasi yang sejati. Pemilu yang bukan hanya sekadar ritual, tetapi momen sakral di mana rakyat memilih pemimpin yang akan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik,” ucap Osykar.

“Marilah menjadi penjaga api suci demokrasi, dan bersama-sama kita yakinkan bahwa suara rakyat adalah suara yang didengar dan dihargai. Dengan semangat perjuangan dan kebersamaan, Babel Siap Awasi Pemilu!,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *