BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Layanan Kesehatan Keliling PT Timah Tbk Melayani 1.111 Masyarakat di Pulau Belitung Sepanjang Tahun 2023

Bagikan Berita

BELITUNG,BERITACMM.COM

Layanan kesehatan keliling PT Timah Tbk terus menjelajah memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

Sepanjang tahun 2023, Mobil Sehat milik Anggota Holding Tambang Indonesia MIND ID telah melayani 1.111 warga di Pulau Belitung.

Realisasi pelayanan kesehatan gratis yang dilaksanakan dalam Mobile ini telah mengunjungi dan melayani di 7 lokasi di Belitung Timur dan 5 di Belitung, sehingga totalnya ada 12 lokasi di Pulau Belitung pada tahun 2023.

Ronald Leonardo, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) PT Timah Tbk menyatakan, terjadi peningkatan jumlah masyarakat yang merasakan layanan kesehatan keliling, dari sekitar 900 orang pada tahun sebelumnya (2022) menjadi sekitar 1.111 orang pada tahun 2023.

“Sesuatu yang baik, berarti masyarakat sudah mengenal dan menerima dengan baik kegiatan Kesehatan Keliling PT Timah Tbk,” ujar Dr. Ronald Leonardo.

Menurut Dr. Ronald Leonardo, di beberapa tempat, masyarakat telah meminta layanan kesehatan keliling secara rutin karena mereka merasa obat-obatan yang mereka terima sangat efektif dan dapat segera dilayani dalam urusan perawatan medis.

Ia juga menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2023, penyakit yang paling banyak diderita masyarakat yang berobat ke puskesmas keliling adalah hipertensi, asam urat, dan kolesterol tinggi.

“Pada unit kesehatan keliling, kami selalu mengedukasi masyarakat untuk berobat secara rutin ke fasilitas kesehatan terdekat serta menjaga pola makan dan pola hidup sehat,” jelasnya.

Terkait suka dan duka penerapan layanan kesehatan keliling di tahun 2023, dr Ronald Leonardo menambahkan, tentu lebih banyak suka dibandingkan dukanya.

“Sukanya bisa mengunjungi masyarakat di pelosok, bahkan sampai melintasi pulau. Dukanya kalau hujan, masyarakat tidak bisa datang berobat,” tutupnya.

Ia berharap unit kesehatan keliling tetap eksis dan memberikan pelayanan kepada masyarakat karena sepanjang tahun terbukti masyarakat membutuhkannya.

Harapan ke depan antara lain sosialisasi secara dini dan ekstensif kepada masyarakat sebelum acara, sehingga menjamin partisipasi dan penyerapan yang tinggi dari masyarakat sekitar, imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah melakukan layanan kesehatan keliling di Pulau Belitung, khususnya di Belitung Timur.

Karena jumlah pasien yang semakin meningkat, kehadiran layanan kesehatan keliling menjadi sangat penting dan masyarakat merasa terlayani dengan baik.

Terlebih lagi, seluruh tenaga medis yang bertugas sangat berkompeten dan terkesan sangat berdedikasi.

Harapan ke depan antara lain dengan tetap tersedianya layanan kesehatan keliling dan perlunya penambahan unit donor darah untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam melayani kebutuhan darah yang relatif tinggi, tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *