BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Dinsos & PMD Babel Tutup Tahun 2023 Dengan Sederet Penghargaan

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DinsosPMD) Provinsi (Prov) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) akhiri tahun 2023 dengan 9 Penghargaan.

Kepala Dinsos & PMD Babel, Budi Utama mengatakan, bahwasannya sederet penghargaan yang berhasil diraih terdiri dari penghargaan internal di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel maupun Penghargaan eksternal dari instansi non pemerintahan.

“Diantaranya mendapatkan peringkat ke-7 dalam Penilaian Raport Kinerja Perangkat Daerah (PD) tahun 2023 dengan nilai 78,63 setelah pada awalnya sempat berada di peringkat-27 pada tahun 2021,” jelas Budi, kepada laman media ini, Rabu (10/01/2024).

“Untuk penghargaan pertama di tahun 2023 diterima pada tanggal 22 Juni yaitu Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2022 dari Inspektorat Daerah Prov. Kep. Babel dengan nilai 80,01 dengan predikat “A”,” tambahnya.

Tak hanya itu, Akhir tahun 2023, rentetan penghargaan juga diterima oleh Purna Praja kelahiran Bangka Selatan tersebut, diawali di bulan September, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang memberikan Penghargaan kepada DinsosPMD Sebagai Instansi/Kelompok Donor Penyelenggara Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah 2 kali dalam satu tahun, selama Tahun 2022.

Peringkat I, dengan kategori “BB” (sangat baik) dalam Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2023 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga diraih dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Berselang sebulan melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 795 Tahun 2023, Budi kembali mendapatkan penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Sangat Baik,” Tahun 2023. (Dinas Sosial Indeks 4,27 Kategori A-) berdasarkan Hasil Pemantauan Dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2023,” sambungnya lagi.

Tinta emas juga tertuangkan dalam Penghargaan di bidang pelayanan publik. Dikatakan Budi, Dinas Sosial dan PMD menerima Hasil Penilaian Survey Kepatuhan Ombudsman Tahun 2023 dengan nilai 94,62 “zona hijau, kualitas tertinggi” setelah pada tahun sebelumnya berada di “zona kuning” dengan nilai nilai 62,93. Penilaian Hasil Survery Kepatuhan Ombudsman berada di peringkat Pertama dari 5 Perangkat Daerah yang dinilai Ombudsman di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, Predikat Informatif Terbaik 3 juga diraih oleh Dinas Sosial dan PMD sebagai (Kategori Badan Publik OPD Provinsi) pada pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2023 se-Bangka Belitung yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tak hanya itu, Inspektorat Daerah Prov. Kep. Babel turut menghadiahkan penghargaan Juara 2 kepada DinsosPMD sebagai Perangkat daerah dengan tingkat penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan tercepat pada gelar pengawasan daerah tahun 2023.

“Tidak berhenti sampai disitu, Kementerian Dalam Negeri juga memberikan Peringkat I, Provinsi Kep. Babel dengan nilai Post Test Tertinggi (90,83) pada Kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Dan Pengurus Kelembagaan Desa Program Penguatan Pemerintahan Dan Pembangunan Desa Tahun 2023,” ungkap Kepala Dinsos & PMD Babel ini.

Lebih jauh, dirinya menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan jerih payah, kerja keras bersama seluruh pegawai Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Penghargaan ini akan terus kita tingkatkan, ini adalah bukti bahwa kita serius dan berkomitmen dalam bekerja,” pungkasnya.

(Jk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *