DaerahBeritaNasionalPemerintahan

Disnaker Babel Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi, Cek Persyaratannya Disini

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi secara gratis.

Peserta dapat mendaftar di Kantor UPTD BLK Disnaker Provinsi Babel, pendaftaran dibuka sejak 15-26 Januari 2024, sementara seleksi pada 29 Januari 2024.

Kepala Disnaker Babel, Elius Gani mengatakan, program pelatihan kerja ini dengan pelatihan teknisi Handphone selama 26 hari, pengoperasian mesin produksi 26 hari, menjahit pakaian dasar 26 hari dan bakery 18 hari.

“Adapun syarat fotocopy KTP dua lembar, pas foto 3X4 dua lembar, fotocopy ijazah terakhir dua lembar,” kata Elius, Selasa (23/1/2024).

Elius mengatakan, dengan pelatihan ini dapat memberikan bekal atau meningkatkan skill pengetahuan dan kompetensi untuk mencari kerja atau yang akan berwirausaha.

“Di triwulan ini empat jurusan nanti kita buka lagi setelah lebaran untuk kelas berikutnya tergantung minat daripada pencari kerja maunya di bidang apa,” ujarnya.

Setiap kelas ini ada kuota 16 orang, fasilitas yang diberikan sepatu, pakaian pelatihan, alat tulis kantor dan uang pengganti transport sebesar Rp25 ribu perhari dan sertifikat.

Elius berharap, lulusan pelatihan ini nanti bisa diterima di pasar kerja, dan juga mempersiapkan mereka berwirausaha sesuai pelatihan yang ditempuh.

“Alhamdulillah dengan kegiatan ini artinya kita dapat menyiapkan para pencari kerja untuk memasuki pasar kerja baik dunia usaha dan industri, dan bekal mereka mau berusaha,” katanya.

Sementara, salah seorang alumni BLK Babel ini, Setiawan mengaku, selama menempuh pelatihan ini cukup baik untuk menambah kompetensi para pencari kerja khususnya anak muda yang saat ini belum memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

“Mungkin salah satunya seperti saya dulu di grafik desain belajar Corel draw dan Photoshop cukup bermanfaat di era saat ini karena di dunia digital. Saya mendapatkan teman saya bekerja di perkapalan, dulu ikut di BLK bagaimana mengelas yang baik, dan harus ditambah lagi pesertanya,” kata Setiawan.

(JK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *