BeritaDaerahNasionalPendidikan

Pembangunan SMAN 5 Pangkalpinang Ditunda, Dindik Babel Siapkan Alternatif Lain

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Pembangunan sekolah baru di Kota Pangkalpinang yakni SMA Negeri 5 yang dijadwalkan akan dikerjakan pada tahun ini, nampaknya harus kembali ditunda.

Hal itu pun turut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Kepulauan Bangka Beliitung, Ervawi. Menurutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan pembangunan sekolah di Pangkalpinang itu ditunda salah satunya kondisi keuangan yang saat ini sedang ‘di-tagging’.

“Kondisi keuangan kita lagi di ‘tagging’ jadi untuk pembangunan sekolah SMA Negeri 5 Pangkalpinang itu ditunda dulu,” kata Ervawi, Jumat (26/01/2024).

Dirinya juga membenarkan, bahwasannya anggaran yang tersedia untuk pembangunan tempat pendidikan tahun 2024 ini juga terbilang sedikit lantaran harus dialihkan untuk kebutuhan yang tidak kalah penting seperti Pilkada.

Disisi lain, lanjut Ervawi, juga untuk mengimbangi tenaga guru di Babel yang saat ini masih terbilang terbatas.

Kendati begitu, dirinya menegaskan, telah menyiapkan alternatif lain untuk memfasilitasi tingginya minat masyarakat yang ingin bersekolah di sekolah negeri, yakni dengan penambahan ruang kelas/Rombongan Belajar (Rombel) di beberapa sekolah yang ada di Kota Pangkalpinang.

“Sehingga dengan dana yanag ada kita efisiensi-kan, kita terus terang saja artinya anggaran terbatas namun kita tidak hilang akal untuk memfasilitasi masyarakat kita bersekolah di sekolah negeri dengan inisiatif membangun Rombel yang ada,” jelasnya.

“Karna guru sudah ada, tanah lahan ada, rombel tinggal nambah saja, fasilitas sudah lengkap,fasilitas olahraga dan lainnya lengkap, artinya menghemat biaya. Biaya kita memang terbatas tapi telah siapkan solusinya, artinya peningkatan mutu pendidikan di Babel dalam rangka penerimaan siswa baru insyaallah sudah tertanganilah,” sambung Kadis Dindik Babel ini.

Lebih lanjut, dirinya juga berharap anggaran untuk sektor pendidikan di 2025 dapat kembali normal sehingga keingginan masyarakat untuk hadirnya sekolah baru di Kota Pangkalpinang dapat segera terealisasikan.

“Mudah-mudahan tahun 2025 anggaran kita sudah normal kembali, baru kita anggaran kembali untuk pembangunan di SMAN 5 Pangkalpinang,” imbuhnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *