BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Samsat Drive Thru Mulai Beroperasi Hari Ini, Bayar Pajak Dapat Lebih Mudah!

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Layanan Samsat Drive Thru yang diinisiasi oleh Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai hari ini akan siap melayani masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan, usai dilaunching langsung oleh Pejabat (Pj) Gubernur Babel, Selasa (30/01/2023).

Diketahui, Samsat Drive Thru ini merupakan inovasi Bakuda Babel dalam pemungutan pajak daerah. Disamping itu, hal ini juga merupakan komitmen Bakuda Babel untuk terus meningkatkan inovasi dalam pembayaran pajak.

IMG 20240130 WA0111

Dalam sambutannya, Kepala Bakuda Babel, M Haris mengatakan, bahwasannya bangunan yang dibangun menggunakan anggaran APBD Perubahan tahun 2023 dengan nilai Rp 1.475.493.632,32 ini kedepan juga akan pengembangan, seperti pembangunan dan landsekap dan pesestarian.

“Bakuda Provinsi Kep Babel bersama dengan pembina Samsat Daerah, Kepolisian, dan Jasa Raharja telah merencanakan dan sepakat, pelayanan Samsat Drive Thru ini ditingkatkan untuk pembayaran PKB 5 Tahun, sekaligus juga pencetakan plat nomor kendaraan,” ungkapnya.

Sehingga masyarakat yang wajib pajak, lanjut dia, dapat langsung dilayani untuk pembayaran PKB Tahunan, PKB 5 Tahunan, dan memfasilitasi dalam pencetakan plat nomor kendaraan.

“Insyaallah ini akan direalisasikan dalam APBD Perubahan Tahun Anggaran 2024,” jelas Haris.

Tak lupa, Haris juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu berjalannya Samsat Drive Thru dan berharap semua layanan yang disediakan Bakuda Babel dapat membantu masyarakat melaksanakan kewajiban perpajakan.

“Semoga target pajak daerah yang ditetapkan di tahun 2024 sebesar Rp 953.693.248.600 dapat tercapai,” imbuhnya.

Sementara itu, Pejabat (Pj) Gubernur Kep Babel, Safrizal Zakaria Ali mengatakan, bahwa kehadiran Samsat Drive Thru tentu untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak.

Walaupun sebenarnya, ada berbagai inovasi dalam mempermudah membayar pajak bagi masyarakat seperti pelayanan samsat corner, samaat gerai, samsat keliling, samsat setempoh, dan pelayanan di Mall pelayanan publik.

“Harapannya masyarakat mendapat pelayanan terbaik, mudah membayar pajak dan untuk Pemda adalah meningkatnya pendapatan asli daerah untuk membiayai pembangunan,” tuturnya, usai kegiatan.

Lebih jauh, dikatakan Safrizal, pihaknya juga meminta Bakuda Babel untuk dapat meng-improve lebih luas lagi terkait pelayanan pembayaran pajak sehingga masyarakat dapat lebih mudah memperoleh akses dalam pembayaran pajak apapun.

“Saya sudah minta, mungkin tahun ini atau tahun depan untuk bayar pajak online dan ini memungkinkan, karna kendaraan di kita tidak terlalu banyak. Nanti bisa bayar (pajak-red) pakai HP (Handphone) tapi nanti terafilisasi dengan bank-bank Himbara atau Bank Daerah. Harapannya publik dapat lebih mudah memperoleh akses sehingga tak tlalu banyak penunggak pajak atau mengurungi penunggak pajak kendaran kendaraan, yang hari ini sampai 40 persen jumlah penunggak pajak,” tutupnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *