BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Pertamina Buka Wacana Lakukan Pengawasan Pendistribusian BBM Melalui GPS, Bulan Ini Langsung Trial

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Pertamina Patra Niaga Babel kembali berencana untuk meluncurkan inovasi terbaru dalam pengendalian pengawasan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi di Negeri Serumpun Sebalai.

Kali ini, inovasi yang ingin diluncurkan berupa pengendalian pendistribusian BBM melalui sistem GPS. Namun hal itu, dikatakan pihak Pertamina, akan di ujicoba terlebih dahulu sebelum disosialisaikan kepada masyarakat.

“Nanti kalo untuk GPS ini trial dulu di bulan Februari, moga-moga gak ada kendala ya,” kata Area Manajer Retail PT Pertamina Patra Niaga Babel, Adeka Sangtraga Hitapriya kepada awak media, Kamis (01/02/2024).

Untuk implementasi inovasi tersebut, diterangkan Adeka, bahwa pihaknya juga akan mengandeng langsung beberapa komunitas, salah satunya komunitas mobil truk.

“Nanti kita liat, evaluasi dulu, nanti akan kami paparkan dulu ke Pak Gubernur. Untuk implementasinya kami juga akan menggandeng salah satu komunitas yang ada di Truk,” terangnya.

Adapun keunggulan dari pengendalian pengawasan sistem GPS ini, lanjut Adeka, dapat men-track kewajaran dalam pengunaan BBM.

“Misalnya gini, iya gak si berjalan 2 Kilometer tapi konsumsinya (BBM) 100 liter? itu kan ga boleh, berarti kemana itu (BBM-nya)? Tangki modif kah? Jerigen kah? Kita kan gak tau. padahal itu juga untuk memperkuat sistem digitalisasi kita,” jelasnya.

Sementara itu untuk teknisnya, dikatakan Adeka, alat pengendalian tersebut akan dipasang di kendaraan langsung. Namun apabila ada masyarakat nakal yang mencoba melepas GPS itu maka akan ada sanksi yang bakal diterima.

“Otomatis karna sudah atensi Pemprov maka akan ada punishment-nya, itu punishment-nya nanti akan kami godok dulu. Karna itu ranahnya bukan Pertamina, kalo Pertamina ranahnya di SPBU,” tutup Adeka.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *