BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Peringati Bulan K3 Nasional, PT Timah Berkomitmen Terapkan Budaya K3 dan Gelar Berbagai Kegiatan

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

PT Timah menyelenggarakan sejumlah kegiatan internal dan eksternal dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional 2024. Bulan K3 Nasional 2024 yang mengusung tema ‘Budidayakan K3, Sehat dan Aman dalam Bekerja, Jaga Keberlanjutan Usaha’.

Peringatan Bulan K3 Nasional di PT Timah akan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2024 di berbagai wilayah operasional perusahaan.

Berbagai kegiatan yang dilakukan PT Timah antara lain pertemuan K3, penandatanganan komitmen K3, simulasi bahaya, lomba, donor darah, pemeriksaan kesehatan masyarakat, dan pemberian penghargaan kepada pemangku kepentingan.

Dalam Panggilan K3 Nasional 2024, masing-masing ketua Wilasi membacakan pesan dari Direktur Manajemen Risiko dan HSSE MIND ID Nur Hidayat Udin. Amanat tersebut menekankan sejumlah pesan penting tentang Budaya K3 yang harus diterapkan di lingkungan kerja.

Anggota Industri Tambang MIND ID juga mengadakan donor darah yang dilaksanakan di wilayah operasional Belitung dan Divisi Teknik dan Pendukung Tambang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Bangka.

Selain itu, PT Timah juga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui Mobil Sehat yang diterapkan di Wilasi Belitung.

Direktur Utama PT Timah Ahmad Dani Virsal mengatakan PT Timah sangat berkomitmen menerapkan budaya K3 dalam seluruh proses bisnis perusahaan.

“Dalam menjalankan proses bisnis perusahaan, PT Timah berkomitmen menerapkan budaya K3. Mencegah dan mengevaluasi setiap potensi risiko, baik kecelakaan ringan, kecelakaan berat, bahkan korban jiwa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wilayah Bangka, Lisbagyo mengatakan, Panggilan K3 tidak hanya bersifat seremonial. Namun untuk mengingatkan Anda akan pentingnya keselamatan kerja.

“Upacara Bulan K3 Nasional ini bukan sekedar upacara semata, namun mengingatkan kita semua akan pentingnya keselamatan kerja terkait operasional dan produksi di PT Timah,” ujarnya.

Ia menilai penerapan Budaya K3 di PT Timah sudah cukup baik, namun tetap perlu dilakukan evaluasi untuk mencegah terjadinya korban jiwa.

“Penerapan K3 di PT Timah sudah cukup baik dan tentunya kami berharap PT Timah terus melakukan evaluasi agar kecelakaan yang pernah terjadi tidak terulang kembali dan tidak sampai terjadi korban jiwa pada saat kegiatan penambangan,” ujarnya.

Senada, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Insyira Subagia berharap PT Timah dapat meningkatkan penerapan K3 karena merupakan bentuk jaminan kesehatan dan keselamatan pekerja.

“Sejauh ini pantauan kami, PT Timah sudah cukup baik dan sangat baik dalam menerapkan Budaya K3. Hal ini terlihat dari tingkat kecelakaan, bencana yang terjadi di PT Timah sangat minim,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *