BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Sukirman Minta Sedekah Ruwah Kampung dan Khataman Al-Quran Dapat Terus Dilestarikan 

Bagikan Berita

JEBUS,BERITACMM.COM

Warga Desa Limbung Kecamatan Jebus menyambut bulan suci Ramadan bersama dengan suka cita melalui pelaksanaan acara sedekah ruwah kampung dan khataman al-Quran yang tiap tahun secara konsisten digelar, Sabtu (2/3).

Kegiatan turut dirangkaikan dengan nganggung yang diikuti oleh puluhan hingga ratusan warga setempat, serta dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba gasing. 

Bupati Bangka Barat, Sukirman berharap melalui tradisi khataman al-Quran dapat makin memotivasi anak-anak untuk senantiasa membaca kalam Ilahi tersebut dan mengamalkannya dalam tiap kegiatan sehari-hari. 

“Mudah-mudahan tradisi yang baik ini dapat senantiasa kita syiarkan, dan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujarnya. 

Tak hanya itu, dirinya juga berharap tradisi tahunan ini dapat senantiasa digelar mengingat banyaknya hal positif yang didapat dari pelaksanaannya. 

“Untuk kedepannya, bisa kita jadikan tradisi ini sebagai budaya setiap tahunnya dan menjadi warisan budaya bagi generasi selanjutnya. Budaya gotong royong, menjalin silaturahmi, serta kebersamaan antar warga,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Limbung, Angga Saputra, menjelaskan bahwa acara sedekah adat ini dilaksanakan setiap tahun untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. 

“Kita awali dengan arak-arakan tadi pagi, dilanjutkan proses khataman al-Quran dan nganggung. Tujuannya agar sanak saudara  yang jauh dapat datang dan bersilaturahmi sebelum bersama menyambut bulan puasa,” katanya.

(KR/CMM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *