BeritaDaerahNasionalPemerintahan

KPU Prediksi Angka Partisipasi Pemilih di Babel Tembus 85 Persen

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memprediksi bahwa angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Babel tembus di angka 85 persen.

Dalam hal ini, Ketua KPU Babel Husin mengatakan, jumlah tersebut memang tidak jauh beda dari Pemilu 2019 lalu.

“Saya dapat dari divisi panmas pak Deni, hasil hitungan beliau, memang konteks penentuan resminya dari KPU RI memang belum ada. Namun, apabila berdasarkan perkiraan kita dari pemilu itu tingkat partisipasinya tidak beda jauh dari 2019 lalu, diatas 85 persen,” kata Husin, di Swiss-Belhotel, Rabu (06/03/2024).

Kendati begitu, Husin tetap meminta awak media menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU RI, agar angka partisipasi pemilu dapat lebih akurat.

“Untuk angka real-nya itu masih dihitung lagi, sesuai dengan jadwal KPU RI,” pintanya.

Seperti diketahui , tingginya partisipasi pemilih dapat dibaca sebagai penerimaan masyarakat atas penerapan sistem demokrasi di Indonesia dan harapan bagi terwujudnya kemajuan negara, sementara rendahnya partisipasi pemilih dapat menunjukkan bentuk ketidakpercayaan serta perilaku apatis masyarakat terhadap proses politik serta kehidupan bernegara.

Tak hanya itu, tingkat partisipasi pemilih juga dapat dijadikan barometer untuk mengukur beberapa hal, seperti menilai keberhasilan suatu pemilihan, menilai kesadaran politik rakyat/masyarakat, atau mengukur legitimasi peserta pemilihan yang menang.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *